Predikat ‘Sehat’ Beruntun Jadi Kado HUT PDAM Tirta Bhagasasi Ke 39

Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim saat memberikan sambutan di acara tasyakuran HUT Ke-39 PDAM Tirta Bhagasasi, Selasa (29/09).
Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Usep Rahman Salim saat memberikan sambutan di acara tasyakuran HUT Ke-39 PDAM Tirta Bhagasasi, Selasa (29/09).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pencapaian predikat perusahaan ‘Sehat’ serta Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didapat secara berturut-turut menjadi kado spesial di hari ulang tahun ke-39 PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi yang jatuh tepat pada hari ini.

“Alhamdulillah berturut-turut bahkan hingga delapan tahun predikat PDAM Sehat dan WTP diberikan kepada kami, akan kami pertahankan dan semoga semakin baik ke depan,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim, Selasa (29/09).

Bacaan Lainnya

Usep mengatakan predikat itu diraih atas kerja keras segenap karyawan dalam memenuhi cakupan pelayanan, operasional, keuangan, serta peningkatan sumber daya manusia yang menjadi indikator penilaian.

Sementara faktor yang mempengaruhi peningkatan kinerja PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi di antaranya efektivitas penagihan dan pelayanan air 24 jam, penurunan tingkat kehilangan air, penerapan tarif secara full cost recovery, dan peningkatan jam operasi pelayanan.

Selain itu efisiensi produksi, peningkatan konsumsi air, penggantian meter air, peningkatan cakupan dengan kerja sama investasi, serta peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia. “Tim penilai melibatkan BPSPAM dari segi teknis, Kemendagri menilai administrasi, dan BPKP terkait keuangan,” katanya

Di usia yang ke-39 pihaknya terus berupaya memaksimalkan pelayanan untuk menjaga kepercayaan yang selama ini diberikan pelanggan terhadap perusahaan pelat merah milik Kabupaten dan Kota Bekasi itu.

“39 tahun PDAM Tirta Bhagasasi ibaratnya isteri atau perempuan cantik dengan potensi luar biasa yang dituntut mampu menggapai semua cita-cita yang belum terpenuhi. Masih banyak PR yang harus diselesaikan,” ungkapnya.

Pekerjaan rumah terbesar saat ini mulai dari pemenuhan cakupan layanan yang baru mencapai sekitar 40 persen dari total penduduk, peningkatan pendapatan, hingga kontribusi terhadap pendapatan daerah.

“Cakupan layanan kami memang masih kecil dibandingkan jumlah warga Bekasi yang mencapai lima juta jiwa lebih namun untuk level provinsi kita masih terunggul. Kemudian peningkatan pendapatan serta kontribusi PAD, setidaknya tiga item ini yang akan kita maksimalkan segera,” ucapnya.

Perayaan ulang tahun PDAM Tirta Bhagasasi sendiri dilakukan secara sederhana dengan berbagi kebahagiaan bersama masyarakat dan pelanggan ditengah situasi pandemi COVID-19. Mulai dari kegiatan donor darah, pembagian satu ton beras ke 10 yayasan yatim piatu, jompo, gangguan jiwa, dan pondok anak jalanan, pembagian 4.000 paket masker dan penyanitasi tangan, serta penghargaan pelanggan tepat waktu membayar.

Kemudian pemberian penghargaan atas penilaian kinerja kantor cabang dan cabang pembantu, bonus penghargaan 54 pekerja purna bakti, dan penyambungan kembali 1.700 pelanggan nonaktif dengan bebas denda. “Harapan kami PDAM Tirta Bhagasasi ke depan menjadi lebih baik, lebih mandiri dan berswasembada, serta lebih luas cakupan layanannya,” kata dia. (***)

Pos terkait