Pemkab Bekasi Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti,
Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti,

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas.  Untuk mewujudkan hal itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengharmorniskan regulasi dan Standard Operating Procedure (SOP) di setiap perangkat daerah yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

“Kita lagi susun regulasinya. Tetapi kita harus invetarisir dulu jenis-jenis layanannya apa, kemudian udah lengkap belum standar pelayanan atau SOP-nya. Standar pelayanan itu misalnya berapa tarifnya dan berapa lama waktu penyelesaiannya. Kalau sudah itu diumumkan ke masyarakat supaya masyarakat juga tau standar pelayanan yang diterapkan di masing-masing perangkat daerah. Nah itu dari sisi kebijakan,” kata Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bekasi, Iis Sandra Yanti, Jum’at (17/09).

Bacaan Lainnya

Kemudian, sambungnya, Pemkab Bekasi juga masih menginvetarisir terkait kebutuhan sarana dan prasarana di masing-masing perangkat daerah tersebut, termasuk di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang akan dibuka oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam waktu dekat. “Misal ruang tunggunya, nyaman apa nggak, kemudian ada mesin antrian apa nggak. Itu juga sedang dilakukan sebagai salah satu upaya perbaikan dari sisi sarana dan prasarana,” tuturnya.

Iis menambahkan, pelayanan publik yang berkualitas juga harus dilengkapi dengan pengelolaan pengaduan yang terstruktur dan sistematis. Pemkab Bekasi terus berupaya mengoptimalkan implementasi dari Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!)

“Nah kalau untuk pengaduan pelayanan publik sudah ada regulasinya, Perbup tentang SP4N LAPOR! Misalkan ada yang yang komplen seperti apa tindaklanjutnya dan berapa lama bisa diselesaikan itu sudah ada mekanisme kerjanya. Sekarang hanya tinggal optimalisasi dari implementasinya saja,” kata dia.

Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan menginginkan jajarannya fokus meningkatkan kinerja secara professional demi memberi pelayanan terbaik bagi publik.  “Kami kedepannya akan fokus pada setiap pelayanan publik, bagaimana menyempurnakan kembali pelayanan yang dinilai masih belum maksimal akan kami maksimalkan lagi, dari aspek kajian, penyusunan regulasi dan juga implementasi peningkatan pelayanan publik yang ada di Kabupaten Bekasi,” kata dia. (BC)

Pos terkait