Pemkab Bekasi Targetkan Penyerapan Anggaran di Awal Agustus Capai 60 Persen

Sekretaris Daerah, Dedy Supriyadi memberikan arahan langsung kepada para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bekasi terkait realisasi percepatan anggaran tahun 2022,
Sekretaris Daerah, Dedy Supriyadi memberikan arahan langsung kepada para kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Bekasi terkait realisasi percepatan anggaran tahun 2022,

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi menargetkan realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bekasi mencapai 60 persen di awal Agustus 2022.

Hal ini sesuai dengan arahan Kementrian Dalam Negeri agar seluruh Kabupaten/Kota dapat melakukan percepatan realisasi APBD Tahun 2022 untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Dedy Supriadi mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah berupaya melakukan percepatan realisasi penyerapan anggaran dengan melakukan analisa dan evaluasi (Anev) serta monitoring evaluasi (Monev) secara rutin untuk mengetahui progres realisasi dari setiap instansi.

“Itu setiap seminggu sekali setiap hari Selasa kita lakukan. Evaluasi apa yang menjadi sumbatan dan kendala,” ungkapnya, Selasa (21/06).

Dedy menandaskan sesuai arahan dari Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, Pemkab Bekasi menargetkan akhir Juli atau awal Agustus, prosentase realisasinya sudah mencapai 60 persen.

“Tapi ini tidak hanya belanja daripada anggaran saja, tapi kita juga akan menggenjot realisasi pendapatan,” kata dia.

Kedepan, Pemerintah Kabupaten Bekasi berkomitmen agar kegiatan pembangunan dapat terlaksana di awal tahun dan menjadi multiplier effect guna menumbuhkan percepatan ekonomi di masyarakat.

“Dinas-dinas yang alokasi anggarannya besar seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan dinas teknis lainnya yang terkait dengan pembangunan infrastruktur, agar dalam pengadaan barang dan jasa maupun lelangnya tahapannya bisa dilakukan di Bulan Juli atau Agustus setelah ditetapkan kesepakatan anggaran. Jadi proses lelang bisa dilakukan di tahun sebelumnya, dan Januari bisa dilakukan pelaksanaan kegiatannya,” kata dia. (dim)

Pos terkait