Pemkab Bekasi Gelar Festival Kuliner Ramadhan

Festival Kuliner Ramadhan 1440 H di Taman Sehati - Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur itu berlangsung selama 5 hari, yakni dari tanggal 15-19 Mei 2019 | Foto: Humas Pemkab Bekasi
Festival Kuliner Ramadhan 1440 H di Taman Sehati - Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur itu berlangsung selama 5 hari, yakni dari tanggal 15-19 Mei 2019 | Foto: Humas Pemkab Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Guna mendukung berkembangnya bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Kuliner Ramadhan 1440 H.

Kegiatan yang berlangsung di Taman Sehati – Komplek Stadion Wibawa Mukti, Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur itu berlangsung selama 5 hari, yakni dari tanggal 15-19 Mei 2019.

Bacaan Lainnya

Kasi Peningkatan SDM Kelembagaan pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Waryanto mengungkapkan Festival Kuliner Ramadhan menyajikan makanan dan masakan khas tradisional Kabupaten Bekasi.

“Festival Kuliner Ramadhan ini merupakan kegiatan yang menjajakan makanan khas Kabupaten Bekasi seperti gabus pucung, dongkal, serta jajanan lokal lainnya yang dibuat oleh masyarakat setempat,” ungkapnya, Kamis (16/05).

Selain bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung mengenal dan mencicipi kuliner yang ada di Kabupaten Bekasi, kegiatan ini juga diharapkan dapat mengembangkan kreatifitas kuliner serta dapat memperkenalkan dan mempromosikan hasil kuliner yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Sambil menunggu waktu berbuka puasa, masyarakat juga dapat menyaksikan beragam hiburan dan atraksi dari hasil karya anak-anak Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Selama kegiatan ini berlangsung, Waryanto menjelaskan masyarakat dapat berburu berbagai macam hidangan kuliner dari kurang lebih 50- 60 Stan yang menjajakan makanan takjil (untuk berbuka puasa) yang merupakan makanan atau jajanan khas Bekasi.

Ia menambahkan, selain kuliner juga akan diadakan lomba memasak masakan khas Kabupaten Bekasi yakni gabus pucung. “Sebagaimana kita ketahui, salah satu masakan khas Kabupaten Bekasi adalah gabus pucung, yang pelaksanaannya nanti di hari ketiga setelah lomba bedug,” tuturnya.

Untuk lomba memasak, pesertanya  sudah lebih dari 35 orang. Mereka akan mulai memasak pukul 14.00 hingga sebelum Magrib masakannya sudah selesai untuk kemudian dinilai tim juri.

Pihak penyelenggara lomba memasak ini melibatkan chef (koki) dari sebuah hotel yang ada di Kabupaten Bekasi, dengan harapan pemenangnya nanti bisa diangkat sebagai menu hotel tersebut.

“Mudah-mudahan ini juga bisa menjadi motivasi buat semua para UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi untuk bisa berkarya dan bersaing dengan daerah lain,” tutupnya. (BC)

Pos terkait