Presiden Joko Widodo saat berdialog dengan penjual Mie Ayam dan Bakso di acara acara Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu dan Pemecahan Rekor MURI Makan Bakso Gratis 30.000 porsi di Kota Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Minggu (03/03).
Presiden Joko Widodo saat berdialog dengan penjual Mie Ayam dan Bakso di acara acara Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu dan Pemecahan Rekor MURI Makan Bakso Gratis 30.000 porsi di Kota Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Minggu (03/03).

PAPMISO Minta Pemerintah Permudah Pembuatan Sertifikat Halal

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (PAPMISO) meminta pemerintah mempermudah pembuatan sertifikat halal bagi pedagang bakso dan mie ayam.

Sekretaris PAPMISO, Bambang Hariyanto meminta pemerintah segera mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 karena selama ini usaha kecil menengah kesulitan dalam mengurus sertifikasi halal MUI.

BACA: Laboratorium Halal LPPOM MUI Hadir di Cikarang

“Dengan disahkannya RPP itu pelaku usaha kecil dapat mengurus sertifikasi halal dengan biaya murah dan kemudahan administrasinya,” kata Bambang Hariyanto dihadapan Presiden Joko Widodo dalam acara Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu dan Pemecahan Rekor MURI Makan Bakso Gratis 36.000 porsi di Kota Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Minggu (03/03).

Menurut dia, label halal sangat penting bagi pedagang agar tidak terkena dampak isu negatif tentang bakso karena setiap isu negatif yang berkembang dapat menggerus pendapatan pedagang hingga 50 persen.

Bambang menambahkan, kemudahan label halal itu sebagai bentuk konkrit dari pemerintah agar pelaku usaha makanan khas nusantara dapat bersaing dengan produk makanan dari luar negeri.

Merespon hal itu, Presiden Joko Widodo mengatakan RPP mengenai produk halal sangat penting sekali untuk legalisasi produk yang dijual.

“Kalau itu RPP nya terbit yang kecil-kecil seperti ini kalau bisa tidak dipungut biaya atau free (gratis) biar semuanya itu clear,” kata Presiden.

Jokowi menyatakan, RPP produk halal kini sedang dalam proses pembahasan. Dia memastikan, produk regulasi nantinya berpihak kepada semua pihak, terutama pelaku usaha kecil.

“Jadi dibuat sedetail mungkin jangan sampai ada yang merugikan pelaku usaha,” kata dia.

Selain itu, Jokowi juga akan mempermudah penerbitan sertifikat halal bagi pemohon atau pelaku usaha dengan layanan sehari jadi.

“Masa ngurusin yang beginian aja sampai berminggu-minggu bahkan berbulan bulan, emang mau diapain itu sertifikatnya,” tandas Jokowi. (BC)

Baca Juga

Pemantapan ‘Door To Door Campaign’ kepada 1500 milenial Kabupaten Bekasi dari daerah pemilihan 6 Kabupaten Bekasi, Sabtu (06/04).

Kampanye Door To Door, Ribuan Milenial Kabupaten Bekasi Diminta Gencar Sosialisasikan Program 3 Kartu Jokowi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Sedikitnya 1500 milenial Kabupaten Bekasi dari Daerah Pemilihan 6 Kabupaten Bekasi …

Presiden Joko Widodo, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kanan) dan Dewan Pembina PAPMISO saat menikmati semangkuk bakso di acara Gebyar Bakso Merah Putih Indonesia Bersatu dan Pemecahan Rekor MURI Makan Bakso Gratis 36.000 porsi di Kota Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, Minggu (03/03).

Jokowi Dinobatkan Sebagai Satu-satunya Kepala Negara yang Peduli Terhadap Bakso

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Paguyuban Pedagang Mie dan Bakso (PAPMISO) menobatkan Presiden Joko Widodo sebagai …