Suasana pelantikan 516 anggota PPS oleh KPU Kabupaten Bekasi di Gedung Swatantra Wibawamukti, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (20/07).
Suasana pelantikan 516 anggota PPS oleh KPU Kabupaten Bekasi di Gedung Swatantra Wibawamukti, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (20/07).

KPU Kabupaten Bekasi Lantik 561 Anggota PPS

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi telah resmi melantik 561 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Gedung Swatantra Wibawamukti, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (20/07).

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Idham Holik berharap para anggota PPS dapat menjalankan tugas dan kewajiban dengan sebaik-baiknya. “Karena kalau penyelenggara Pemilu dapat menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik, Insya Allah Pilkada akan terselenggara dengan sukses sesuai dengan apa yang diperintahkan di dalam Perundang-Undangan,” kata dia.

Menurut Idham, proses seleksi para anggota PPS sebelumnya telah dilakukan selama dua hari  yaitu pada 17-18 Juli 2016 lalu oleh pihak PPK. Yang menjadi catatan perhatian pihaknya bagi para PPS ini adalah pemahaman mengenai regulasi.

“Jadi berdasarkan informasi rekan-rekan penyelenggara, pemahaman regulasinya harus ditingkatkan. Jadi kedepan saya akan fokus meningkatkan kualitas SDM PPS,” ujar Idham.

“Karena banyak pekerjaan yang mereka tangani dan tak hanya pada persoalan proses pemutakhiran data pemilih yang dibantu oleh pihak RT dan RW, petugas pemutakhiran data pemilih, ataupun pembentukkan KPPS. Tetapi juga mereka nanti harus melakukan ferivikasi faktual,” sambungnya.

Idham menambahkan, puncak dari tugas PPS ini adalah bagaimana mempersiapkan pemungutan dan penghitungan suara. “Jadi tiap desa ada tiga orang anggota PPS. Dengan total 187 desa, maka totalnya 561 anggota PPS. Dengan jumlah tiga orang ini para perumus Undang-Undang yakin dan mampu semua pekerjaan untuk tingkat desa dapat dilakukan,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Bekasi, Neneng Hasanah Yasin yang hadir dalam pelantikan PPS ini berharap Kabupaten Bekasi bisa menyelenggarakan Pilkada yang berkualitas. “Yaitu animo masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya saat hari H Pilkada tinggi. Semoga Pilkada ini dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Dalam acara pelantikan ini, turut hadir seluruh jajaran Anggota Panwaslu, Pasangan Balonbup-Balonwabup Jalur Perseorangan Obon Tabroni-Bambang Sumaryono (Obama), politisi Partai Golkar Ahmad Budiarta, Sonhaji, politisi PAN Sunawan, dan lain sebagainya. (BC)

Baca Juga

Simulasi Sispamkota dalam rangka Operasi Kepolisian Terpusat mantap Brata Jaya 2018 Pengamanan Pemilihan Umum 2019 di Mapolrestro Bekasi, Rabu (07/11).

Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Bekasi Rusuh, 1117 Personil Bentrok

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Polisi anti huru-hara dari Satuan Sabhara Polres Metro Bekasi bentrok dengan …

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin.

Ini Langkah KPU Kabupaten Bekasi Lindungi Hak Pilih Warga di Pemilu 2019

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi membuka Posko Layanan Pemilih. Posko …