Kabupaten Bekasi Tingkatkan Sarana Pendidikan dan Kesehatan

Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro
Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Dalam rangka meningkatkan mutu layanan pendidikan dan kesehatan di Kabupaten Bekasi, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (DCKTR) melaksanakan sejumlah program priotitas pembangunan sarana dan prasarana kedua bidang tersebut.

BACA:  Gedung SMPN 1 Cabangbungin yang Rusak Diperbaiki

Kepala DCKTR Kabupaten Bekasi Benny Sugiarto Prawiro mengatakan pada tahun 2024 pihaknya mengalokasi anggaran sebesar kurang lebih Rp345 miliar peningkatan sarana dan prasarana di bidang pendidikan dan kesehatan.

”Kita sudah anggarkan dari rencana kerja kita sekitar Rp345 miliar untuk membangun sarana pendidikan SD maupun SMP negeri dan sarana kesehatan, termasuk pembangunan maupun pemeliharaan bangunan Puskesmas di 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi,” katanya.

Adapun pembangun itu meliputi sejumlah jenis kegiatan seperti pembangunan sarana pendidikan bangun ruang kelas baru ditingkat SD dan SMP negeri masing -masing dua unit, sehingga total jadi 4 unit dengan anggaran sekitar Rp28 miliar lebih.

”Penambahan ruang kelas baru SD sebanyak 112 ruang dengan pagu anggaran sekitar kurang lebih Rp 25,5 miliar lebih,” ungkapnya.

Kemudian digelontorkan Rp 21,6 miliar lebih untuk penambahan ruang kelas baru SMP sebanyak 16 ruang. Serta pembangunan sarana prasarana dan utilitas sekolah (penataan halaman dan pemagaran) SD dan SMP masing-masing 50 titik dengan alokasi total Rp 11,2 miliar lebih.

“Rehabilitasi sedang dan berat ruang kelas SD sebanyak 243 ruang dan SMP sebanyak 80 ruang kelas total anggaran sekitar Rp 145,9 miliar lebih,” sambungnya.

Begitu juga akan dilakukan pembangunan 1 unit Puskesmas dengan pagu anggaran sekitar Rp771 juta serta rehabilitas dan pemeliharaan Puskesmas sebanyak 5 unit dengan alokasi sekitar Rp1,6 miliar dan penataan bangunan dan lingkungan sekitar Rp70 miliar.

Dirinya berharap, kedepan sarana pendidikan dan kesehatan khususnya di wilayah Kabupaten Bekasi tidak ada lagi yang kondisinya tidak memadai. Sebab, kedua sektor ini sangat penting dan merupakan diantara hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi. (RIZ)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait