Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Asep Surya Atmaja
Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Asep Surya Atmaja

Kabupaten Bekasi Siapkan Rp20 Miliar Untuk Jamkesda di 2020

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Selain mengalokasikan tambahan anggaran bagi 579.944 peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD, Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi juga telah mendorong peningkatan anggaran untuk  program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

BACA: Iuran BPJS Kesehatan Naik, Pemkab Bekasi Butuh Tambahan Rp. 79 Milyar

Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Asep Surya Atmaja menjelaskan Jamkesda adalah program jaminan bantuan pembayaran biaya pelayanan kesehatan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat.  “Sasaran Jamkesda adalah seluruh masyarakat yang memang tidak terdaftar sebagai peserta PBI serta belum memiliki jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya,” kata dia, Rabu (04/12).

Meningkatnya anggaran Jamkesda merupakan bentuk perhatian Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan. “Anggaran Jamkesda yang dialokasikan untuk tahun 2020 mencapai Rp20 miliar. Jumlah tersebut meningkat dibanding 2019 yang hanya sebesar Rp11,5 miliar,” tuturnya.

Dengan adanya peningkatan alokasi anggaran ini, Asep mengingatkan agar jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terlebih bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kesehatan seperti Jamkesda.

“Karena yang datang mengurus administrasi ke Dinas Kesehatan sebagian besar adalah masyarakat tak mampu. Pada sisi lain, mereka sedang berduka karena ada keluarganya yang sakit. Jadi kalau dilayani dengan senyum dan ramah, setidaknya kita bisa menghibur mereka yang sedang berduka,” ungkapnya.

Begitu juga dengan pelayanan di RSUD dan rumah sakit swasta. Legislator Partai Golkar itu meminta agar semua rumah sakit yang bekerja sama dengan Jamkesda tidak menolak pasien. “Ketika pasien datang langsung mendapat penanganan pertama. Jika secara medis tidak bisa ditangani, pasien bisa dirujuk ke rumah sakit lain yang peralatan medisnya lebih memadai,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Tim Evakuasi dan Penyelematan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi saat melakukan pencarian keberadaan anak ular cobra di salah satu pabrik di Kawasan Pasir Gombong, Kecamatan Cikarang Utara beberapa waktu lalu. Sedikitnya, 7 ekor anak kobra dengan panjang 30-40 cm berhasil dievakuasi petugas dan pegawai pabrik setempat.

Marak Alih Fungsi Lahan, Ular Kobra Ancam Warga Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Bulan November hingga Januari disebut-sebut menjadi musimnya ular menetas, termasuk ular …

Kepala Kepolisian Sektor Pebayuran, AKP Asep Romli saat gelar perkara kasus penipuan lowongan kerja lewat media sosial dan menunjukan barang bukti berupa surat lamaran yang dilayangkan kepada para pencari kerja, Senin (09/12) sore.

Polsek Pebayuran Bongkar Penipuan Lowongan Kerja Lewat Media Sosial

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN  – Jajaran anggota Kepolisian Sektor Pebayuran berhasil mengungkap kasus penipuan berkedok lowongan pekerjaan …