Kabupaten Bekasi Siapkan Anggaran Perbaikan Jalan Raya Kodam Rp5 Miliar

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi menyiapkan anggaran untuk perbaikan Jalan Raya Kodam yang amblas melalui APBD 2022 sebesar Rp 5 miliar.

Kepala Bidang Jalan di Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Heru Pranoto mengatakan ruas jalan tersebut amblas disebabkan curah hujan yang cukup tinggi, serta kondisi tanah yang kurang baik. Untuk itu, selain memperbaiki ruas jalan yang amblas, Pemkab Bekasi juga akan memperkuat kontur tanah dengan memasang sheet pile.

Bacaan Lainnya

“Perbaikan jalan tersebut, sudah dianggarkan Rp 5 miliar untuk tahun depan (2022). Itu perbaikan jalan berikut konstruksi beton, serta sheet pile yang longsor sepanjang 100 meter,” kata Heru, Selasa (14/12).

Heru mengatakan perbaikan yang saat ini dilakukan bersifat sementara sambil menunggu apakah ada pergerakan tanah atau tidak. Begitu ada pergerakan tanah lagi, maka akan dilakukan perbaikan sementara kembali.

“Jadi untuk saat ini sifatnya masih penanganan sementara,” kata dia.

Sebelumnya, Jalan Raya Kodam yang beberapa waktu lalu amblas sedalam 3 meter telah rampung diperbaiki dan dapat dilalui kendaraan.

Namun, pasca perbaikan ruas jalan penghubung Kecamatan Cikarang Selatan – Cikarang Pusat itu kembali amblas, bahkan lebih parah dari sebelumnya lantaran ruas jalan yang berada di dataran tinggi tersebut amblas hingga kedalaman lima meter.

Sejumlah pengguna jalan tak mengira, ruas jalan yang baru dua pekan dapat dilalui pasca perbaikan kembali amblas. Akibatnya para pengguna jalan terpaksa harus mencari jalan anternatif.

“Saya kalau ke pabrik (Kawasan Industri GIIC) lewat sini, soalnya kalau lewat jalan lain jauh muter. Nah dua hari kemarin itu masih bisa lewat makanya saya lewat sini lagi. Gak taunya udah ditutup,” kata Petrus (28) salah seorang pengguna jalan saat ditemui di lokasi, Jum’at (10/12).

Hal senada disampaikan Lilis (20) pengguna jalan lainnya. Dia terpaksa harus memutar arah untuk menuju Kompek Pemda Kabupaten Bekasi lantaran ruas jalan tersebut kembali ditutup.

“Saya kan biasanya kalau ke Pemda lewat sini, tapi ternyata gak bisa dilalui. Kita kan jadi susah kalau lewat jalan lain kan muter jauh. Kalau bisa mah ya seminggu lah diperbaiki biar bisa dilalui lagi,” kata dia.

Informasi yang BC terima, ruas Jalan Raya Kodam kembali amblas saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut pada Rabu (08/12) malam. Pasca amblas terjadi, hingga Jum’at siang Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Sumberdaya Air, Binamarga dan Bina Konstruksi masih melakukan perbaikan jalan dengan menerjunkan dua unit alat berat. (BC)

Pos terkait