Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup saat menunjukan teknologi CCTV yang telah dimiliknya di Pekan Raya Bekasi beberapa waktu lalu.
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup saat menunjukan teknologi CCTV yang telah dimiliknya di Pekan Raya Bekasi beberapa waktu lalu.

Kabupaten Bekasi Belum Siap Terapkan Tilang CCTV

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi belum tampaknya belum siap untuk mengimplementasikan penerapan e-tilang menggunakan Camera Closed Circuit Television (CCTV).

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Suhup mengatakan saat ini pihaknya masih berupaya untuk memperbaharui teknologi CCTV yang dimilikinya dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

“Kalau ke arah sana (e-tilang) mungkin ada, tetapi saat ini kita masih berupaya untuk memperbaharui teknologi CCTV yang sudah ada terlebih dahulu untuk mengurangi kemacetan di setiap perempatan,” kata Suhup, Rabu (04/10).

Dijelaskan olehnya, saat ini ada 12 titik yang telah terpantau menggunakan CCTV. Dengan CCTV ini petugas dapat melihat kondisi kepadatan arus kendaraan dari berbagai sisi yang digerakan dari ruang kontrol yang terpusat di Kantor Dinas Perhubungan.

“Rencananya di tahun 2018 nanti kami akan mengajukan tambahan anggaran Rp 2,5 miliar untuk menambah CCTV lagi, jadi lebih banyak jalan yang terpantau. Tujuannya jelas untuk memantau kondisi jalan pada situasi terkini. Jika terjadi kepadatan atau ada kecelakaan, ada semacam unit reaksi cepat yang langsung menuju lokasi,” kata Suhup.