Jelang Arus Mudik, Polres Metro Bekasi Siapkan Tolo-Tolo

Unit Dikyasa Sat lantas Polres Metro Bekasi saat menyiapkan pembatas jalan yang biasa disebut 'Tolo-Tolo'.
Unit Dikyasa Sat lantas Polres Metro Bekasi saat menyiapkan pembatas jalan yang biasa disebut 'Tolo-Tolo'.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Menjelang arus mudik, Unit Dikyasa Sat lantas Polres Metro Bekasi menyiapkan pembatas jalan yang terbuat dari adukan semen dan pasir serta dilengkapi tiang yang terbuat dari kayu atau bambu.

Proses pembuatan pembatas jalan yang  biasa disebut ‘Tolo-Tolo’ ini, dilakukan oleh Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Metro Bekasi, Iptu Suharmoyo bersama 4 orang anggotanya.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan pembuatan ‘Tolo – Tolo’ ini untuk merupakan salah satu persiapan yang dilakukan kepolisian untuk arus mudik maupun balik di hari raya Idul Fitri tahun ini,” kata Iptu Suharmoyo, Kamis (01/06).

Ia  menjelaskan bahwa fungsi ‘Tolo-Tolo’ itu sama halnya dengan Traffic Cone, yakni sebagai alat untuk pengalihan arus saat ada kegiatan yang sifatnya urgent dan berguna juga sebagai penutup u-turn (Putaran) agar bisa memperlancar arus dan mengurai kemacetan.

“Pembuatan ‘Tolo – Tolo’ dilakukan untuk menambahkan jumlah traffic cone yang tersedia mengingat jumlah traffic cone yang ada saat ini terbatas,” ucapnya.

Adapun ‘Tolo-Tolo’ itu, lanjutnya, nantinya akan dipasang di jalur arteri yang dilalui oleh pemudik seperti di jalur pantura mulai dari Kecamatan Tambun Selatan hingga Kecamatan Kedungwaringin.

“Akan kita pasang di titik-titik pos pengamanan dan pelayanan maupun check point yang lokasinya sudah ditentutakan,” kata dia. (BC)

Pos terkait