Imbas Kemacetan Tol Jakarta Cikampek, Jumlah Penumpang Bus di Terminal Cikarang Anjlok 60%

Penumpang saat menunggu kedatangan bus di Terminal Cikarang,
Penumpang saat menunggu kedatangan bus di Terminal Cikarang,

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Penumpang angkutan umum yang naik dari Terminal Cikarang mengalami penurunan yang cukup signifikan. Penurunan ini dianggap sebagai imbas dari kemacetan yang terjadi di Tol Jakarta – Cikampek.

Kepala UPTD Terminal Cikarang, Lukman Hakim mengakui hal itu. Menurutnya proyek pembangunan di Tol Jakarta-Cikampek menyebabkan kemacetan dan berpengaruh pada jumlah penumpang yang naik dari terminal Cikarang. Sebab, kedatangan bus sangat lama sehingga penumpang mencari alternatif untuk menaiki kendaraan lain yang tidak melewati tol.

Bacaan Lainnya

“Biasanya dalam sehari, penumpang menuju ke arah Jabodetabek yang naik dari terminal mencapai ribuan, tetapi karena terjadi pembangunan di tol Jakarta-Cikampek maka jumlah itu berkurang sekitar 60 persen,” kata Lukman Hakim, Kamis (15/11).

Ia mencontohkan, perjalanan bus dari Kampung Rambutan menuju ke Cikarang kini bisa ditempuh hingga empat jam. Padahal, biasanya hanya memakan waktu dua jam.

“Saya berharap pembangunan jalan tol itu secepatnya selesai, selain itu awak angkutan umum bisa memilih jalur lain agar tidak terjebak kemacetan,” ujarnya.

Sementara itu, supir bus Primajasa jurusan Cikarang – Bandung, Beni menuturkan, sebelumnya dari Cikarang ke Bandung hanya tiga jam, tetapi setelah ada proyek pembangunan di jalan tol, bisa sampai enam jam. Akibatnya penumpang mengalami penurunan. (BC)

Pos terkait