Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memimpin aksi pungut sampah dalam rangka HPSN 2019 tingkat Kabupaten Bekasi yang dipusatkan di simpang SGC, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Sabtu (23/02)
Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja saat memimpin aksi pungut sampah dalam rangka HPSN 2019 tingkat Kabupaten Bekasi yang dipusatkan di simpang SGC, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Sabtu (23/02)

HPSN 2019, Pemkab Bekasi Gelar Aksi Pungut Sampah di Simpang SGC

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali melaksanakan aksi pungut sampah yang dipusatkan di simpang SGC, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Sabtu (23/03). Sebanyak 7,3 ton sampah berhasil diangkut petugas dalam kegiatan ini.

Aksi pungut sampah hasil kerjasama dengan Jaringan Kerja (Jangkar) Ecovillage ini dipimpin langsung oleh Plt Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja. Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah menjaga kebersihan lingkungan.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti permasalahan sampah di Kabupaten Bekasi bisa selesai. Pemkab Bekasi tentunya akan terus berupaya untuk mewujudkan Kabupaten Bekasi yang bersih,” kata Eka.

Eka menambahkan, banyaknya sampah yang saat ini berserakan sepatutnya membuat semua lapisan masyarakat tergugah untuk sama-sama peduli terhadap sampah, terutama bagaimana harus disiplin membuang sampah pada tempatnya.

“Selain itu juga untuk mengurangi konsumsi benda-benda memang menjadi sampah yang sulit diselesaikan serta mengeluarkan ide-ide kreatif, mengelola sampah menjadi sesuatu yang bernilai bagi kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Bidang Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Suprianto menuturkan pihaknya telah melakukan upaya agar masyarakat dimulai dari siswa sekolah untuk menjaga kebersihan dan membuka tempat pengelolaan sampah berbasis masyarakat.

“Persoalan sampah ini tentu tidak akan selesai tanpa peran serta seluruh lapisan masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai bentuk edukasi dan diharapkan melalui kegiatan itu dapat mengubah perilaku masyarakat supaya sadar khususnya dalam hal menjaga kebersihan lingkungan,” kata dia.

Untuk mengangkut sampah-sampah yang terkumpul, pihaknya menyiapkan 32 armada yang terdiri dari 8 truk sampah dan 24 baktor. “Sampah-sampah ini nantinya akan kita buang ke TPA Burangkeng,” ungkapnya.

Sementara Ketua Jaringan Kerja (Jangkar) Ecovillage, Indra Jaya mengatakan aksi pungut sampah diikuti lebih dari 2000 personil gabungan yang terdiri jajaran Pemerintah Kabupaten Bekasi, Polres Metro Bekasi, Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, para komunitas penggiat lingkungan, bank sampah dan para pelajar baik SMP, SMA dan SMK di Kabupaten Bekasi.

“Dari hasil pendataan, total sampah yang terkumpul pada hari ini sebanyak 7,3 ton sampah,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Tumpukan palet milik salah satu perusahaan tranporter limbah B3 di Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

Pemkab Bekasi Lambat! Jelang Mudik Ribuan Palet Masih Dibiarkan Menumpuk di Kalimalang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Menjelang arus mudik lebaran tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bekasi terkesan lamban …

Layanan media sosial berupa whatsapp milik sejumlah pengguna di Kabupaten Bekasi mengalami kendala dan tidak bisa diakses, Rabu (22/05) siang.

Warga Kabupaten Bekasi Ikut Keluhkan Gangguan Whatsapp

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sejumlah warga Kabupaten Bekasi ikut mengeluhkan sulitnya mengakses berbagai layanan media …