Gelar Job Fair di Cikarang Utara, Disnaker Sediakan 1429 Lowongan Pekerjaan

Para pencari kerja saat tengah melihat informasi loker di salah satu stand peserta Job Fair 2017, Selasa (26/09).
Para pencari kerja saat tengah melihat informasi loker di salah satu stand peserta Job Fair 2017, Selasa (26/09).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Bertempat di lapangan parkir Lotte Mart, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara, Job Fair 2017 resmi dibuka, Selasa (26/09) pagi.

Kabid Informasi Pasar Kerja dan Peningkatan Produktifitas, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Eman Sulaiman menuturkan, pada Jobfair kali ini akan dibuka selama 2 hari yakni tanggal 26-27 September 2017, dan terdapat 30 Perusahaan yang ikut berpartisipasi serta akan menerima 1429 tenaga kerja baru.

Bacaan Lainnya

“Jadi tenaga kerja yang akan diterima sekitar 1429 tenaga kerja baru, dan 30 perusahaan, pelamar yang kita prioritaskan juga yang memiliki AK1 (Kartu Kuning) dan KTP  Kabupaten Bekasi,” jelasnya.

Pihaknya mengaku, Dinas Tenaga Kerja hingga kini belum dapat memaksimalkan perusahaan untuk terlibat dalam bursa tenaga kerja lantaran beberapa faktor.

“Keterbatasan perusahaan yang terlibat mungkin karena kita buat monep hanya 2 bulan belakangan, waktunya terbatas. Selain itu banyak perusahaan yang misalnya hanya terima 10 orang, dia paling buka lowongan di perusahaannya, kemudian personalia kita juga terbatas, sehingga kita belum bisa maksimal memonitoring perusahaan yang membuka lowongan,” bebernya.

Namun demikian, pihaknya menilai dengan diadakan bursa tenaga kerja ini secara efektif dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Bekasi, lantaran dapat even seperti inilah antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja dipertemukan.

Sementara itu, Wakil Bupati Eka Supriatmaja dalam sambutannya ketika membuka bursa tenaga kerja ini berharap dan menargetkan dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Bekasi.

“Kabupaten Bekasi merupakan daerah yang memiliki Kawasan Industri se Asia Tenggara, sepenuh banyak perusahaan yang berdiri disini, jadi kita (Pemda Bekasi) berharap warga Kabupaten Bekasi banyak yang diterima lewat Job Fair ini,” kata dia.

Dengan adanya Job Fair yang diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja yang diselenggarakan selama satu tahun sebanyak 3 kali ini mudah-mudahan banyak dari pencaker diterima.

“Ada 1400 lebih lowongan pekerjaan dan 30 perusahaan mudah-mudahan dengan adanya job fair ini bisa mengurangi tingkat pengangguran yang di Kabupaten Bekasi,” ujar Eka.

Eka mengungkapkan, dalam menuntaskan pengangguran perlu adanya sinergritas antara Pemda, pihak perusahaan dan para pencaker dalam hal informasi lowongan kerja. (BC)

Pos terkait