FSB Ajak Pemuda Sukatani Bersihkan Sampah dan Eceng Gondok di Kali Cikarang

BERITACIKARANG.COM, SUKATANI – Sebagai bentuk kekecewaan terhadap Pemerintah Kabupaten Bekasi, warga Kecamatan Sukatani yang tergabung dalam Forum Sukatani Bersatu (FSB) berencana untuk turun langsung, berjibaku membersihkan sampah dan eceng gondok yang menumpuk di Kali Cikarang, Minggu (15/01) pagi.

BACA : Sampah dan Eceng Gondok Penuhi Kali Cikarang di Desa Sukamulya

Bacaan Lainnya

Sekjen Forum Sukatani Bersatu, Soerjana Koesnadi mengatakan aksi tersebut merupakan bentuk kekecewaan masyarakat Sukatani atas lambatnya penanganan sampah dan eceng gondok oleh Pemkab Bekasi di Kali Cikarang.

“Sehingga Forum Sukatani Bersatu menginiasiasi untuk melakukan penggalangan dana dan akan bergotong royong melakukan pengkatan serta pembuangan sampah juga eceng gondok di kali tersebut besok,” kata Soerjana Koesnadi, Sabtu (14/01) malam.

Pria yang akrab disapa Cingik itu mengajak kepada seluruh masyarakat Sukatani khususnya para pemuda untuk terlibat dalam kegiatan itu. “Dana urunan dan donasi dianggarkan untuk sewa alat berat dan alat alat kebutuhan lainnya,” tuturnya.

Kedepannya, ia meminta Pemkab Bekasi mau memberikan perhatian lebih terhadap kondisi Kali Cikarang dengan melakukan normalisasi dan pengangkatan lumpur serta pemeliharaan sungai, termasuk melakukan pemugaran jembatan yang berada tepat di depan kantor Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani.

“Karena posisi jembatan itu kan rendah sehingga mengakibatkan sampah dan eceng gondok yang terbawa arus Kali Cikarang tersangkut di jembatan,” tuturnya.

Ia pun berharap kegiatan gotong royong membersihkan sampah dan eceng gondok yang menumpuk di Kali Cikarang, dapat menumbuhkan semangat masyarakat untuk menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan agar kondisi kali tidak bertambah parah. (BC)

Pos terkait