Fraksi Golkar: Pemkab Bekasi Perlu Terus Genjot Capaian Vaksinasi Booster Covid-19

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bekasi, dr Asep Surya Atmaja
Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bekasi, dr Asep Surya Atmaja

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Kesehatan melakukan sejumlah skema guna menggenjot jumlah capaian vaksinasi boster di Kabupaten Bekasi.

Selain menerapkan skema vaksinasi terpusat di fasilitas kesehatan serta layanan door to door, skema vaksinasi malam hari juga diterapkan untuk merangkul masyarakat yang tebentur jadwal vaksinasi di siang hari hari lantaran bekerja, dengan menggandeng aparat TNI-Polri, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah, swasta, serta sejumlah elemen masyarakat.

Bacaan Lainnya

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bekasi, dr Asep Surya Atmaja menilai upaya tersebut diperlukan dalam rangka memperkuat kekebalan kelompok (Herd Immunity) terhadap penyebaran virus Covid-19 varian terbaru Omicron yang memiliki tingkat penularan lebih cepat.

“Percepatan vaksinasi seperti ini harus terus dilakukan untuk mengantisipasi varian baru Omicron. Harapan kita juga tidak ingin ada penularan yang lebih masif kembali seperti gelombang kedua tahun lalu,” kata dr Asep Surya Atmaja, Selasa (01/03).

Diharapkan, semua masyarakat di Kabupaten Bekasi sudah mendapatkan vaksin dosis pertama hingga booster. “Meski kita sudah melakukan vaksinasi dosis kedua. Bukan berarti kita tidak bisa terpapar. Sehingga dosis ketiga ini sangat penting untuk meningkatkan imunitas kita,” terangnya.

Untuk itu, dirinya tetap menghimbau Dinas Kesehatan sebagai leading sektor agar terus beradaptasi dan tidak pandang bulu dengan upaya percepatan vaksinasi di seluruh lokasi secara tepat sasaran, khususnya di lingkungan warga seperti RT dan RW.

“Jadi tolong supaya dijemput bola juga buat titik lokasi vaksin dengan RT dengan RW. Saya pikir itu juga semacam kolaborasi yang lebih mengena, kalau RT dan RW kan lebih tau kondisi warganya seperti apa sehingga vaksinasi booster akan lebih efektif,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang disampaikan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, hingga 1 Maret 2022 sebanyak 93.873 warganya telah berstatus tervaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster dari total sasaran sebanyak 2.417.794 jiwa.

“Baru 3,88 persen capaian vaksinasi ini namun akan terus kita optimalkan melalui beberapa skema,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Masrikoh.

Dia mengatakan capaian vaksinasi dosis ketiga ini terbagi dalam beberapa kategori antara lain tenaga kesehatan sebanyak 10.975 orang dan kelompok lanjut usia 5.395 jiwa.

Kemudian 4.562 petugas publik, 72.635 orang masyarakat rentan dan umum, 303 kelompok usia remaja, serta tiga orang melalui program vaksinasi gotong royong.

“Sehingga total capaian per 1 Maret 2022 berdasarkan laporan fasilitas kesehatan sudah ada 93.873 warga Kabupaten Bekasi yang sudah divaksinasi dosis ketiga,” katanya. (ADV)

Pos terkait