Petugas Damkar saat melakukan proses pendinginan di lokasi tumpukan limbah plastik yang terbakar, Minggu (06/01) sore.
Petugas Damkar saat melakukan proses pendinginan di lokasi tumpukan limbah plastik yang terbakar, Minggu (06/01) sore.

Damkar Masih Lakukan Pendinginan di Lokasi Kebakaran Cikarang Timur

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bekasi masih melakukan pendingan di lokasi kebakaran di Kp. Pegadungan, RT 01/06 Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur, Minggu (06/01) sore.

Sejumlah petugas dan beberapa unit mobil Damkar menyemprot tumpukan limbah plastik di lokasi kebakaran yang masih mengeluarkan asap untuk pendingan.

Satu unit excavator diterjunkan untuk mengurai tumpukan limbah plastik tersebut dan membantu petugas Damkar mengantisipasi timbulnya titik api lagi. Sedangkan beberapa petugas keamanan baik dari kepolisian dan TNI ikut berjaga-jaga mengamankan lokasi.

Meski api sudah dapat dikuasai petugas, beberapa orang warga masih enggan untuk kembali ke rumahnya dan memilih untuk tinggal di tenda darurat yang didirkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi.

“Informasi awal memang hampir seratus orang tetapi saat ini yang bertahan antara 20 – 30 orang saja. Sementara sisanya, adanya yang memilih untuk tinggal di rumah saudara ataupun kerabat mereka,” kata THL Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Andika Rakhman.

Selain memastikan api betul-betul padam sehingga tidak berpotensi menjalar ke rumah, diakuinya, warga juga terganggu dengan asap limbah plastik yang terbakar. “Keluhan yang paling banyak ya soal asap karena yang terbakar itu kan limbah plastik dan baunya juga menyengat,” kata dia.

Namun demikian, apabila warga ada yang mengeluhkan dengan kondisi kesehatan seperti gangguan pada pernafasan dan lain sebagainya, warga dipersilahkan untuk mendatangi petugas PSC 119 dan PMI Kabupaten Bekasi di sekitar lokasi. (BC)

Baca Juga

Petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi didampingi petugas Jasa marga saat mengecek pemicu timbulnya api di truk container yang melintas di KM 35+900 Tol Jakarta Cikampek, Rabu (19/06) sore.

Truk Container Nyaris Ludes Terbakar di Tol Jakarta Cikampek

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sebuah truk container bernomor polisi B 9855 UIV nyaris ludes terbakar …

Proses pendinginan yang dilakukan petugas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Kamis (13/06) malam.

Gudang Palet di Cikarang Timur Terbakar, 14 Unit Damkar Dikerahkan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Sedikitnya 10 bangunan semi permanen yang dijadikan gudang penyimpanan palet di …