Camat dan Satpol PP diminta Tegas Bongkar Bangli di Cikedokan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT-Beberapa bangunan liar (Bangli) yang berada di pinggir Kalimalang, Kampung Cikedokn, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, tak sedap untuk dipandang pengendara yang melintas dan tertampak lebih semrawut. Pasalnya, barang usaha pemilik bangunan liar, berserakan sembarangan di jalan.

Salah satu pengendara, Rezky Fadillah mengatakan, kesulitan bila melewati jalan yang banyak bangle, selain jalan yang rusak, barang-barang milik pengusaha bangli tersebut dengan seenaknya menaruh barang dipinggir jalan. Apalagi, adanya bangli dipinggir kalimalang, lebih semrawutnya tata permukiman.

“Menurut saya, adanya bangunan (liar) ini, lebih semrawut yah di pinggir jalan. Yang parah kalau lewat sini, barang (usaha) mereka, bertebaran dijalan, sangat mengganggu pengendara,” ujarnya, Kamis (28/4/2016) dilokasi.

Selain itu, kata dia, Kabupaten Bekasi tidak akan mendapatkan piala adipura jika masih banyak bangunan liar yang berada di pinggir kalimalang, khususnya di Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat. Ia pun berharap kepada pemerintah agar merelokasi warga yang mendirikan bangunan liar tersebut.

“Ya, kalau banyak bangunan liar, harus dipindahkan, harus ditertibkan, biar Kabupaten Bekasi juga dapet Piala Adipura,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pekerja di bangunan liar yang tidak menyebutkan namanya, mengatakan, tidak mengetahui bangunan yang ada di pinggir kali tersebut adalah bangunan liar. Jika pun, ia mengetahui usaha yang ada di bangunan tersebut adalah bangunan liar, ia berharap tidak dibongkar oleh pihak pemerintah Kabupaten Bekasi.

“Saya gak tau (ini bangunan liar), ya kalau bener, jangan dibongkar. Karena, bisa jadi orang sini butuh tempat tinggal,” jelasnya saat berbincang.

Terpisah, Koordinator Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pemerintahan Daerah (LP3D) Bekasi, Ronny Harefa mengatakan, seharusnya jalan kalimalang itu sudah harus bersih dan rapih, agar mendapatkan ikon wisata. Karena jalan pinggir kalimalang dari perbatasan Kota Bekasi hingga Karawang, sudah harus bersih dari Bangunan Liar.

“Kami dari LP3D berharap ada campur tangan dari Camat dan Satpol PP, agar menertibkan bangunan lair tersebut. Camat juga harus kordinasi ke Satpol PP agar membongkar bangunan liar tersebut,” katanya.

“Yang paling banyak bangunan liar memang di daerah pinggir Kalimalang, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, dengan hal itu Camat jangan tutup mata dengan adanya Bangli,” tutupnya. (nay)

Baca Juga

Kepergok Warga, Pelaku Pembobol ATM di Cikarang Barat Gagal Beraksi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT – Aksi pelaku yang hendak membobol ATM di Komplek Taman Aster, Kelurahan  …

Ribuan Ton Bahan Baku Pabrik Kertas di Cikarang Barat Terbakar

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Ribuan ton bahan baku kertas milik PT Fajar Surya Wisesa atau …