padamkan api damkar wanita
padamkan api damkar wanita

Begini Cara Memadamkan Api dari Tabung Gas Ala Damkar Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Masyarakat diminta tidak perlu panik ketika menghadapi kobaran api. Terutama, para ibu ketika api keluar dari tabung gas rumah tangga. Kesalahan dalam penanganan dini seringkali menyebabkan api membesar hingga kebakaran tidak terhindarkan.

Hal tersebut terungkap dalam upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-87 di lapangan Plaza Pemkab Bekasi, Selasa (11/04). Dalam kesempatan tersebut, diperagakan bagaimana menangani api yang keluar dari tabung gas ukuran tiga kilogram.

“Seringkali masyarakat panik lebih dulu sehingga tidak tahu apa yang mesti diperbuat. Maka dari itu, kami terus lakukan penyuluhan sebagai wujud pencegahan. Terutama pada para ibu bila gas di rumahnya terbakar, harus mengetahui bagaimana memadamkannya,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Farid Setiawan.

Dalam peringatan tersebut, petugas Pemadam Kebakaran memeragakan tiga potensi kebakaran yang bersumber dari kompor gas. Pertama, jika gas keluar dari selang yang bocor sehingga membakar kompor, masyarakat jangan melarikan diri. Cukup mencabut regulator pada tabung gas, kemudian api akan padam sendiri.

Kedua, bila gas menyemburkan api, hal yang harus dilakukan hanya menutup saluran gas tersebut. Selanjutnya, pada kasus ketiga, apabila api membakar kompor dan sulit mencabut regulator, segera tutup kompor dengan kain tebal basah.

Diungkapkan Farid, mayoritas terjadinya kebakaran disebabkan karena human error. Masyarakat lebih memilih melarikan diri karena tidak mengetahui cara memadamkan api. “Ini juga terjadi ketika konsleting listrik. Itu kebanyakan human error karena tumpukan pada stop kontak,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Banjir yang menerjang pemukiman warga di Kp. Tambun Pertama, Desa Pusaka Rakyat, Kecamatan Tarumjaya, Minggu (23/02).

Banjir di Kabupaten Bekasi Meluas

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Bekasi sejak Kamis 20 Februari 2020 …

Kepala BPS Kabupaten Bekasi, Berdikarjaya saat menghadiri Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2020 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bupati, Jum’at (21/02) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Sensus Penduduk Online, Sudah 11.180 KK di Kabupaten Bekasi Berpartisipasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Badan Pusat Statistik (BPS) menjalankan pendataan Sensus Penduduk (SP) 2020 secara online. Sejak …