Kepala Desa Jatireja, Suwandi (ketiga dari kiri) saat melakukan pembagian cairan disinfektan kepada warga.
Kepala Desa Jatireja, Suwandi (ketiga dari kiri) saat melakukan pembagian cairan disinfektan kepada warga.

Bantu Pemerintah Perangi COVID-19, Warga Desa Jatireja Bergerak Semprot Disinfektan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR  – Warga Kabupaten Bekasi mulai melakukan pergerakan untuk membantu pemerintah mencegah dan menekan penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Salah satunya seperti yang dilakukan warga Desa Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur dengan menyemprotkan cairan disinfektan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

“Penyemprotan dilakukan oleh warga, terutama para pengurus RT. Jadi kami menyediakan bahan dasarnya (disinfektan-red) saja dan para pengurus RT yang menyemprotkan di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing,” kata Kepala Desa Jatireja Suwandi, Selasa (24/03).

Suwandi menjelaskan setiap RT di wilayahnya telah mendapatkan 1 jerigen disinfektan dengan ukuran 4 liter. Apabila digunakan sesuai takaran, disinfektan yang telah dibagikan bisa dicampur dengan 400 liter air. “Di kita ada 59 RT, jadi nggak sedikit jumlahnya dan semuanya kita bagikan masing-masing 1 jerigen dengan isi  disinfektan 4 liter,” kata dia.

Selain fasilitas umum seperti masjid, posyandu, pos ronda dan lainnya, rumah-rumah warga juga menjadi sasaran dari penyemprotan disinfektan yang dilakukan secara masif. “Acuan kami (dari disinfektan yang telah dibagikan-red), penyemprotan bisa dilakukan secara berkala dan kami pun sudah menyiapkan disinfektan cadangan apabila ternyata di lapangan masih ada yang kekurangan,” tuturnya.

Selain membagikan cairan disinfektan, pihaknya juga berencana untuk menyimapan hand soap di tempat-tempat umum dan terus berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

“Edukasi kepada masyarakat ini sangat diperlukan sebagai bentuk kewaspadaan dini dan pencegahan terhadap penyebaran COVID-19. Intinya masyarakat tidak boleh panik, tetapi tetap harus waspada,” kata dia.

Dia pun menghimbau agar masyarakat senantiasa menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan sering-sering cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir serta mengikuti anjuran yang disampaikan pemerintah terkait pencegahan penyebaran COVID-19.

“Saya imbau masyarakat untuk menggelorakan cuci tangan, minimal saat akan keluar rumah begitu pun saat kembali. Selain itu, masyarakat juga harus menjaga pola hidup sehat dan bersih,” tutup Suwandi. (BC)

Baca Juga

Pemeriksaan speciment COVID-19 dengan metode swab dengan alat PCR di UPTD Labkesda Kabupaten Bekasi | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Update COVID-19 di Kabupaten Bekasi: Pasien Sembuh Tambah 7, Meninggal 1

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sejak 01 Mei 2020 jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 dan …

Peta sebaran COVID-19 di Kabupaten Bekasi

Update COVID-19 Kabupaten Bekasi: Pasien Sembuh Terus Bertambah

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Jumlah pasien di Kabupaten Bekasi yang dinyatakan sembuh dari COVID-19 terus …