Antisipasi Kebakaran Rumah, Damkar Kabupaten Bekasi Ingatkan Cek Listrik dan Gas Sebelum Mudik

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG BARAT  – Untuk menghindari terjadinya kebakaran rumah saat ditinggal  mudik, masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati dan tidak lengah agar tidak muncul.

BACA: Sepanjang 2021, 146 Kebakaran Terjadi di Kabupaten Bekasi

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi, Hasan Basri mengatakan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat agar rumah yang di tinggalkan aman dari kebakaran. Terlebih, rumah akan ditinggal dalam waktu yang cukup lama.

“Pertama itu pastikan semua aliran listrik yang tidak perlu dimatikan. Seperti yang aliran listrik ke dispenser, kulkas, maupun perabotan elektronik lainnya. Jadi cabut aja dari stop kontak agar tidak menimbulkan arus pendek atau korsleting listrik,” kata Hasan Basri, Jum’at (29/04).

Selain itu, Hasan menyebut pontensi kebakaran juga terjadi akibat tabung gas. Oleh karena itu, ketika akan meninggalkan rumah untuk mudik, regulator tabung gas harus dilepas guna menghindari terjadinya kebocoran gas.

“Kedua gas, karena biasanya pemicu kebakaran itu paling banyak listrik dan gas. Pastikan gas itu kita cabut, jangan sampai dalam kondisi terpasang di kompor,” kata dia.

Hasan juga mengingatkan masyarakat untuk melaporkan kondisi rumahnya ketika akan ditinggalkan mudik lebaran. Hal ini, dilakukan agar para pengurus RT/RW ataupun petugas keamanan setempat ikut serta membantu pengawas terhadap rumah yang ditinggal mudik. (dim)

Pos terkait