Anti Ngamuk! Warga Sukadami Sembelih Hewan Kurban dengan Alat Perebah

Warga Perumahan Bumi Cikarang Makmur (BCM( Desa Sukadami, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi melaksanakan pemotongan hewan kurban di Masjid Baitul Makmur dengan bantuan alat perebah.
Warga Perumahan Bumi Cikarang Makmur (BCM( Desa Sukadami, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi melaksanakan pemotongan hewan kurban di Masjid Baitul Makmur dengan bantuan alat perebah.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  – Warga di Perumahan Bumi Cikarang Makmur (BCM), Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi melaksanakan pemotongan hewan kurban di Masjid Baitul Makmur pada Kamis (29/06) kemarin.

BACA: Pemkab Bekasi Kurban 74 Ekor Sapi ke Masjid, Ponpes hingga Panti Asuhan di Desa Terpencil

Bacaan Lainnya

Yang menarik, pemotongan hewan kurban di di Masjid Baitul Makmur tidak biasa, namun menggunakan alat perebah khusus sehingga tidak khawatir kalau hewan tersebut mengamuk saat hendak disembelih.

Humas RW 014 Perum BCM, Desa Sukadami, Kecamatan Cikarang Selatan Sucipto mengatakan alat tersebut sangat membantu panitia dalam proses penyembelihan hewan kurban. Selain dapat merebahkan sapi dengan aman, proses penyembelihan hewan kurban pun lebih cepat.

“Alat ini tidak menyakiti hewan yang akan dikurbankan, hewannya tidak mengamuk, tidak stres sehingga proses penyembelihan pun bisa lebih cepat, efekif dan efesien dibandingkan manual,” kata Sucipto, Jum’at (30/06).

Mekanisme kerja alat perebah itupun sangat ringkas. Sapi hanya perlu dituntun untuk masuk ke alat yang sepintas mirip kandang hewan dengan pagar-pagar besi yang kokoh. Selanjutnya sapi diikat pada pagar lalu direbahkan. Sapi pun siap dikurbankan.

“Alat ini dilengkapi dengan roda di bagian samping. Jadi ketika direbahkan, roda tersebut berada di posisi bawah sehingga bisa digunakan untuk memidahkan sapi ke lokasi pengulitan atau pencacahan yang diinginkan,” ungkapnya.

Pos terkait