Alisa Khadijah Latih Ibu Rumah Tangga Manfaatkan Eceng Gondok Jadi Kerajinan

Alisa Khadijah ICMI Ranting Kecamatan Cikarang Utara menggagas pelatihan produk kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok.
Alisa Khadijah ICMI Ranting Kecamatan Cikarang Utara menggagas pelatihan produk kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Alisa Khadijah ICMI Ranting Kecamatan Cikarang Utara menggagas pelatihan produk kerajinan tangan berbahan dasar eceng gondok.

Pelatihan yang melibatkan belasan ibu rumah tangga ini digelar bekerjasama Nia Craft di  Desa Waluya, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi Rabu (17/07).

Bacaan Lainnya

BACA: Emak-emak  Sulap Eceng Gondok Jadi Cuan

“Pada kesempatan ini para peserta dilatih menyulap eceng gondok yang telah dikeringkan menjadi hiasan dinding (wall dekor) dan vas bunga atau tempat pensil,” kata Ketua Alisa Khadijah ICMI Ranting Kecamatan Cikrang Utara, Desi Susanti.

Pelatihan ini bertujuan agar para peserta bisa memanfaatkan tumbuhan gulma tersebut menjadi produk kerajinan yang menarik dan memiliki nilai jual hingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga.

“Ini menjadi program kami untuk memperkenalkan produk anggota sekaligus membangun kreativitas dari sumber alam,” kata dia.

Terlebih, membuat kerajinan ini relatif tidak memerlukan modal yang besar. Hanya saja untuk prosesnya memang dibutuhkan kemauan serta kreativitas yang kuat.

“Karena bahan bakunya mudah ditemui. Banyak sekali eceng gondok yang tumbuh subur di sungai dan rawa. Untuk prosesnya memang terlihat mudah namun butuh kreativitas untuk menghasilkan produk yang menarik. Jadi kita dorong para peserta untuk memanfaatkan peluang ini,” kata dia. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait