Pengukuhan Satgas TMMD oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju, Selasa (02/03).
Pengukuhan Satgas TMMD oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju, Selasa (02/03).

Wujud Sinergitas Pemkab Bekasi – TNI, Sekda: TMMD Efektif Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BERITACIKARANG.COM, SETU  – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-110 di Desa Kertarahayu, Kecamatan Setu telah resmi dibuka, Selasa (02/03).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bekasi serta unsur Muspika setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju menyambut baik pelaksanaan TMMD. Menurutnya, kegiatan ini merupakan sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi serta masyarakat yang juga ikut terlibat di dalamnya.

“Saya memandang program TMMD ini merupakan salah satu upaya efektif mewujudkan tujuan pembangunan desa sebagaimana diamanatkan dalam pasal 78 UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa,” ungkapnya.

Sebab, sambungnya, pembangunan fisik maupun non fisik yang dimotori prajurit TNI dari Kodim 0509/Kabupaten Bekasi ini diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa setempat.

“Semoga program berlanjut dan bermanfaat, kami pemerintah terus mendukung kegiatan  semaksimal mungkin,” kata Uju.

Sebelumnya, Komandan Kodim 0509/Kabupaten Bekasi, Letkol Kav Tofan Tri Anggoro mengatakan pada kegiatan TMMD Ke 110 ini, terdapat dua sasaran kegiatan, yakni fisik dan non fisik.

“Untuk fisik ada beberapa target yang harus dilakukan, seperti membangun Posyandu berikut perlengkapannya, Jalan Lingkungan (jaling) sepanjang 210 meter, saluran air, taman bermain untuk anak dan terakhir aula untuk masyarakat,” kata dia.

Sedangkan untuk non fisik, diantaranya dengan menggelar berbagai penyuluhan seperti wawasan kebangsan, paham radikalisme, penyalahgunaan narkoba, hukum, stunting hingga Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu-PTM).

“Semua kegiatan sebetulnya sudah dilakukan dilakukan sejak Pra TMMD, yakni tanggal 15 Februari 2021 lalu dan saat ini progresnya sudah 60 persen. Kita optimis semua kegiatan, khususnya fisik bisa selesai 30 hari kedepan,” kata dia.

Dirinya berharap agar masyarakat setempat dominan ikut terlibat di kegiatan TMMD. “Sehingga masyarakat juga ikut merasa memiliki atas apa yang sudah dilakukan prajuti TNI dan terbentuk pribadi yang kuat untuk pertahanan bangsa ,” kata dia. (BC)