Pungli di Sekolah, Orang Tua Siswa Keluarkan Uang Untuk Tebus Rapor

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Menjelang Idul Fitri 2017, dugaan pungutan liar (Pungli) terjadi di sejumlah sekolah di Kabupaten Bekasi. Selain disibukan dengan kebutuhan lebaran, orang tua siswa pun ternyata dibebankan dengan biaya kebutuhan sekolah anak-anaknya. Padahal, untuk urusan pendidikan, biaya sebetulnya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Adapun sekolah yang diduga melakukan pungli, adalah SDN Sukamulya 04 yang berada di Kecamatan Sukatani. Bukan tidak mustahil, hal yang sama juga terjadi di sekolah lainnya.

Salah seorang orang tua siswa berinisial KRS (30) warga Kp. Gandu, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukatani mengatakan dirinya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 10 ribu untuk biaya pengambilan raport anaknya yang  duduk dibangku kelas III pada Kamis 15 Juni 2017 kemarin. “Iya bayar 10 ribu,” kata dia, Jum’at (16/06)

Sementara itu orang tua siswa lainnya, AL (45) mengaku selain harus memberikan uang Rp. 10 ribu untuk mengambil raport anaknya, juga terpaksa dikenakan biaya pemotongan uang tabungan anaknya yang berjumlah Rp. 800 ribu menjadi 650 ribu dengan dalih untuk pemotongan uang tabungan sebesar 10% dan biaya uang kaos.

“Tabungan anak saya dapat Rp.800 ribu. Lah saya cuma terima Rp.650 ribu padahal duit kaos mah udah bayar saya,” ucapnya.

Sementara pihak sekolah, hingga tulisan ini dibuat belum dapat dihubungi untuk dimintai keterangan perihal adanya dugaan pungli tersebut.

Untuk diketahui, Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat melarang keras setiap sekolah melakukan pungli kepada orang tua siswa menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H/ 2017 ini.

Hal tersebut terungkap saat Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Jawa Barat, Kombes Pol Rusli Hedyaman dalam surat edaran Nomor B/116/VI/2017/Satgassaberpungli yang diterbitkan pada Rabu 07 Juni 2017 lalu.

Dirinya pun mengimbau kepada masyarakat jika menemukan indikasi pungli tersebut dengan melapor ke nomor Hot Line Satgas Saber Pungli Jawa Barat di nomor 022-4224856. Selain itu bisa juga melalui Email saberpunglijabar@gmail.com, akun Facebook resmi saberpunglijabar, dan instagram @saberpunglijabar. (BC)

Baca Juga

Ilustrasi

Lomba Agustusan di Kabupaten Bekasi Diperbolehkan, Tapi Ada Syaratnya

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pada masa pandemi COVID-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi mengizinkan serangkaian aktifitas lomba …

Penyerahan bantuan yang dilakukan oleh jajaran direksi Hyundai Motor, Selasa (30/06) | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Terima Bantuan Dua Ventilator untuk Tangani Pasien Covid-19

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali menerima bantuan untuk penanganan pasien Covid-19. Bantuan …