Plt Bupati Bekasi Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88

upacara-di-pemda
upacara-di-pemda

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melaksanakan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda Ke-88 tahun 2016 di lapangan Plaza Pemda Kabupaten Bekasi, Jum’at (28/10).

Dalam kegiatan itu, Rohim Mintareja yang baru menjabat sebagai Plt. Bupati Bekasi menjadi pembina upacara. Dia membacakan amanat Kemenpora dalam rangka peringatan hari Sumpah Pemuda. Melalui peringatan hari sumpah pemuda diharapkan bagi para tokoh tokoh pemuda di seluruh penjuru negeri dan manca negara beserta keluarga untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kamajuan dan kemakmuran bangsa Indonesia untuk terus menjaga keutuhan NKRI.

Bacaan Lainnya

“Penghargaan dan hormat kita semua kepada bung Karno bapak Bangsa tokoh Pemuda pada masa itu yang meneriakkan kalimat “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya dan beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” kata Rohim.

Dalam waktu dekat ini mulai tahun 2020 sampai 2035, sambungnya, Indonesia akan menikmati suatu era yang Langka dan di sebut dengan Bonus Demografi dimana jumlah usia Produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa dan bonus Demografi ini menjadi Windows Opportunity yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan SDM usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan.

Jika kita merenung dan merefleksikan pidato Bung Karno, kata Rohim, maka sejatinya jumlah besar saja tidaklah cukup untuk bisa membawa bangsa ini menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan di kancah dunia dan kita baru menyadari bahwa pernyataan Bung Karno bukan isapan jempol semata karena beberapa waktu lalu seluruh mata dunia terbelalak dengan keberhasilan dan prestasi dari putra putri pemuda indonesia yang mengharumkan nama bangsa seperti di bidang olah raga, aktor, sutradara, musik, dibidang Start Up, teknologi informasi, inovasi asuransi bank sampah yang mencuri perhatian dari Pangeran Charles Inggris serta pada beberapa waktu lalu kita juga dibuat bangga oleh diplomat muda indonesia yang mampu mengguncang persidangan PBB karena diplomasinya yang keras cerdas dan tegas dalam melindungi Papua dari rongrongan negara negara asing.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda indonesia, dengan kemajuan teknologi pemuda pemudi indonesia dari sabang sampai merauke harus terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran bangsa indonesia di mata dunia karena jumlah yang besar saja tidaklah cukup tanpa diimbangi dengan kualitas yang baik.

“Mari kita buktikan dalam sejarah indonesia untuk kesekian kalinya pemuda indonesia menjadi motor utama penentu perubahan indonesia untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi indonesia menjadi negara maju yang sejajar dengan negara negara besar lainnya karena sekarang ini kita sudah dihadapkan dengan perdagangan bebas asia dan dunia “MEA” dan sudah saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar dalam menatap dunia,” tandasnya.

Peringatan hari Sumpah Pemuda tidak hanya dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bekasi saja. Kegiatan yang sama juga dilakukan di Mapolresta Bekasi dalam memperingati hari yang bersejarah tersebut. (BC)

Pos terkait