Trainer dan peserta kursus gratis Beauty For a Better Life (BFBL) L’Oreal Indonesia foto bersama usai menggelar bakti sosial bertajuk ‘Potong Rambut Gratis’ di Kp. Rawa Lintah, Desa Mekar Mukti Kecamatan Cikarang Utara, Rabu (16/01) kemarin.
Trainer dan peserta kursus gratis Beauty For a Better Life (BFBL) L’Oreal Indonesia foto bersama usai menggelar bakti sosial bertajuk ‘Potong Rambut Gratis’ di Kp. Rawa Lintah, Desa Mekar Mukti Kecamatan Cikarang Utara, Rabu (16/01) kemarin.

Peserta Kursus BFBL L’Oreal Indonesia Potong Rambut Gratis Warga Cikarang Utara

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Belasan calon penata rambut profesional yang mengikuti kursus gratis Beauty For a Better Life (BFBL) L’Oreal Indonesia menggelar bakti sosial bertajuk ‘Potong Rambut Gratis’ di Kp. Rawa Lintah, Desa Mekar Mukti Kecamatan Cikarang Utara, Rabu (16/01) kemarin.

Surya Ganda salah seorang trainer menjelaskan kegiatan ‘Potong Rambut Gratis’ ini dilakukan sebagai bentuk uji coba bagi para calon hairdresser atau penata rambut yang telah dibekali ilmu menata rambut saat mengikuti kursus gratis BFBL L’Oreal Indonesia.

“Sebelumnya mereka ini telah kita bekali ilmu untuk menjadi hairdresser atau penata rambut profesional. Mereka kita ajari cara creambath, cara smothing, pewarnaan, gunting dan lain sebagainya. Karena mereka ini memperoleh ilmu menata rambut secara gratis, maka kita uji coba kan juga dengan kegiatan sosial berupa pemotongan rambut gratis kepada masyarakat sekitar, khusususnya bagi warga kurang mampu,” kata Surya Ganda.

Untuk saat ini, sambungnya, bakti sosial berupa potong rambut gratis itu dilakukan oleh para peserta kursus gratis angkatan 7B. “Untuk di Cikarang, angkatan 7 ini terdiri dari 2 kelas yakni 7A dan 7B. Dan dalam waktu dekat kita juga akan membuka angkatan baru yakni angkatan 8. Untuk masyarakat yang mau bergabung kami persilahkan,” ungkapnya.

Adapun persyaratannya, yakni mengisi formulir pendaftaran, formulir izin keluarga orang tua/suami, dan membawa foto copy KTP, KK dan SKTM ke sekretariat  kursus gratis BFBL di Yayasan Pendidikan Islam Al Amin, Jl. Industri KM 2 No 62 Desa Pasir Gombong Kecamatan Cikarang Utara. “Tidak dikenakan biaya alias gratis. Alat, produk sampai gunting kita sediakan untuk kemudian nantinya kita didik menjadi penata rambut profesional,” kata dia.

Zahra, salah satu peserta siswa hairdresser L’Oreal Indonesia Batch 7B mengatakan sebagai ibu rumah tangga, ia berniat  membantu suami menambah penghasilan keluarga dengan mengikuti kursus gratis BFBL.

“Awalnya saya juga sungkan tetapi setelah dicoba ternyata mengasyikan. Selain menambah teman,  kursus ini juga memberi keterampilan menata rambut bagi saya karena dibimbing oleh trainer profesional dan berpengalaman seperti pak Surya Ganda, serta teh Entin dan teh Nita yang ikut membantu pak Surya Ganda. Keterampilan ini, cocok buat ibu rumah tangga seperti saya yang ingin membantu suami menambah penghasilan keluarga. Bisa untuk buka salon di rumah atau salon keliling,” kata dia.

Diketahui, BFBL adalah program CSR yang diinisiasi oleh L’Oréal Fondation sejak tahun 2009 untuk membantu meningkatkan taraf hidup perempuan kurang mampu di seluruh dunia dengan memberikan pelatihan keterampilan kecantikan. Sampai tahun 2015, program BFBL telah diterapkan di 22 negara di dunia melalui 53 pusat pelatihan, atas kerjasama dengan 29 NGO mitra, dan telah menghasilkan sebanyak 3142 lulusan di seluruh dunia. Melalui program BFBL, L’Oréal Fondation bercita-cita untuk mencetak sebanyak 20.000 lulusan siap kerja di bidang kecantikan di tahun 2020.

Program BFBL diluncurkan di Indonesia pertama kalinya di tahun 2014 atas kerjasama L’Oréal Indonesia dengan Yayasan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) dengan misi untuk memberdayakan kaum perempuan yang memiliki keterbatasan secara sosial-ekonomi yang diadakan di berbagai kota pelatihan PEKKA di Indonesia agar bisa bangkit dan meraih penghidupan lebih baik dengan mengikuti pelatihan ketrampilan tata rambut yang berstandar internasional secara gratis. Mulai pertengahan tahun 2016 program ini kemudian dikembangkan lagi atas kerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) untuk menjangkau perempuan muda kurang beruntung dan putus sekolah di Jakarta.

Setiap siswa dilatih dengan beragam keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi penata rambut yang kompeten termasuk dasar-dasar ketrampilan perawatan rambut, penataan rambut, tekstur (pengeritingan/pelurusan), pewarnaan dan pengguntingan rambut melalui kelas teori maupun praktek magang secara langsung di salon-salon sekitar. (BC)

Baca Juga

Gudang penyimpanan limbah plastik yang berada di Kp. Bangkongreang, RT 02/01 Desa Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara terbakar, Kamis (12/09) dinihari. Hingga kini, proses pemadaman masih dilakukan oleh petugas Damkar.

Gudang Penyimpanan Limbah Plastik di Wangunharja Terbakar, Satu Orang Luka

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Tempat penyimpanan limbah plastik yang berada di Kp. Bangkongreang, RT 02/01 …

– AD (22) warga Kp. Kaum Utara RT 01/04 Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara saat diamankan Unit Reskrim Polsek Cikarang.

Pukul Orang Pakai Mangkok Mie Rebus, Warga Karang Asih Ditangkap Polisi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  –  AD (22) warga Kp. Kaum Utara RT 01/04 Desa Karang Asih, …