Pentas Seni Islami Semarakan Ramadhan Festival 2022 di Museum Bekasi

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  –  Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) bersama Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, menggelar acara Ramadan Festival (Ramfest) tahun 2022 di halaman Museum Bekasi – Gedung Juang Tambun Selatan, pada Rabu, (20/04).

Acara yang digelar 4 hari ke depan tersebut, menghadirkan pentas seni islami serta berbagai pertunjukan lainnya dari pegiat seni dan budaya Kabupaten Bekasi hingga pelaku UMKM lokal dari 23 Kecamatan yang dikoordinir oleh TP PKK Kabupaten Bekasi.

Bacaan Lainnya

Plt. Kepala Disbudpora Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln dalam sambutannya mengatakan diselenggarakannya Ramfest 2022 ini sebagai strategi pemulihan ekonomi daerah.

“Sebagai bentuk apresiasi dan membangkitkan kembali kesenian dan kebudayaan, serta kegiatan kemasyarakatan di Kabupaten Bekasi,” terangnya.

Henri berharap ke depannya acara ini bisa diselenggarakan secara rutin.

“Sebenarnya grup seni dan budaya yang kita bina banyak sekali, tapi karena jam dan hari pelaksanaan yang terbatas, jadi hanya dihadirkan beberapa saja,” tuturnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bekasi, Ahmad Sanukri mengatakan, pihaknya bersama Disbudpora berkolaborasi untuk menyukseskan acara Ramfest ini.

“Kementerian Agama dalam hal ini, adalah berkolaborasi substansinya. Bahwa ini adalah kegiatan yang bernilai nuansa keagamaan, karena ini juga diselenggarakan di bulan Ramadan,” jelasnya.

Ahmad Sanukri melanjutkan, sangat antusias dalam kegiatan tersebut karena diberikan peran untuk mendukung kesenian yang bernuansa keislaman.

“Kita tampilkan marawis, hadroh, qasidah, itu merupakan kesenian Islam,” lanjutnya.

Dia berharap kegiatan ini bisa menghidupkan potensi seni dan budaya di Kabupaten Bekasi.

“Jadi ini adalah upaya merawat, karena merawat yang susah. Dan para pelaku seni ketika ada wadahnya, mereka akan bangkit semangatnya untuk menampilkan kesenian dan kebudayaan khas Kabupaten Bekasi,” tandasnya. (ist)

Pos terkait