Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bekasi, Juhandi saat memberikan sembako kepada perwakilan lansia di acara Hari Lanjut Usia(Lansia) Nasional tingkat Pemkab Bekasi | Foto: Humas Pemkab Bekasi
Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bekasi, Juhandi saat memberikan sembako kepada perwakilan lansia di acara Hari Lanjut Usia(Lansia) Nasional tingkat Pemkab Bekasi | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Siapkan 5 Strategi Wujudkan Kesejahateraan Lansia

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi menyiapkan sejumlah strategi sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan kesejahteraan sosial bagi para kelompok lanjut usia (Lansia) di wilayahnya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bekasi, Juhandi mengatakan strategi itu antara lain pembangunan masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) kelanjutan usia, penguatan institusi pelaksana Lansia, serta peningkatan perlindungan sosial.

Kemudian, jaminan pendapatan dan kapasitas individu, peningkatan kesehatan lansia, serta perlindungan dan pemenuhan penghormatan terhadap lansia.

“Mudah-mudahan dengan strategi ini bisa menjadi pedoman untuk meningkatkan kesejahteraan para lansia di Kabupaten Bekasi sebagaimana yang sudah tercantum dalam undang-undang,” kata Juhandi, Jum’at (28/06).

Juhandi mengharapkan para kelompok lansia mampu menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan secara signifikan kepada generasi muda agar dapat melaksanakan nilai kehidupan kebangsaan terhadap masyarakat Kabupaten Bekasi.

“Saya harap masyarakat Kabupaten Bekasi bisa ikut berpartisipasi untuk mewujudkan lansia yang lebih mandiri dan menjadi teladan bagi generasi muda,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, Abdillah Majid mengatakan akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan melalui UPTD Puskesmas melaksanakan pembinaan terhadap 200 lansia.

Pembinaan itu dilakukan di beberapa tempat seperti Yayasan Darul Ikhsan Kecamatan Tambun Utara, Yayasan Darul Rohman Kecamatan Sukawangi, Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Nurul Hidayah Kecamatan Babelan.

“Juga di Panti Sosial Krisna Wede Kecamatan Serangbaru dan Yayasan Darul Hasani Kecamatan Tambun Selatan,” kata dia.

Dirinya berharap strategi yang disiapkan pemerintah daerah dapat dijalankan dengan maksimal sehingga kebutuhan akan kesejahteraan Lansia terpenuhi dengan baik.

“Saat peringatan Hari Lansia kemarin, kami juga membagi-bagikan sembako dan pengobatan secara gratis bagi para lansia,” kata Abdillah. (BC)

Baca Juga

Asisten Administrasi Umum Pemkab Bekasi, Suhup saat membuka Workshop Hasil Kajian Dampak Investasi Industri, Kamis (05/12) kemarin | Foto: Humas Pemkab Bekasi

Pemkab Bekasi Selenggarakan Workshop Hasil Kajian Dampak Investasi Industri

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  – Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan kegiatan workshop Hasil Kajian Analisa Dampak hasil …

Ilustrasi

60 Desa Masuk Kategori Kumuh, Pemkab Bekasi Siapkan Program ‘Berseka’

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Sebanyak 60 desa di Kabupaten Bekasi dinyatakan kumuh. Sulitnya penyediaan air …