Momen Ramadhan dan Lebaran, Omzet Perajin Dodol Bekasi Naik Tajam

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG  – Kuliner tradisional Dodol Bekasi yang bertekstur kenyal dan memiliki cita rasa manis, sepertinya menjadi hidangan wajib yang harus tersaji  bagi masyarakat Kabupaten Bekasi di Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, Dodol Bekasi juga biasa melengkapi isi rantang susun yang hendak dibawa ke rumah orang tua maupun sanak saudara, menjelang lebaran yang sering disebut nyorog dalam tradisi masyarakat Bekasi.

Bacaan Lainnya

Tradisi itu ternyata membawa dampak positif bagi pelaku UMKM yang memiliki bisnis Dodol Bekasi. Salah satunya, Rumah Produksi Dodol Bestar milik Hasan, yang berada di Kampung Ceger, RT 03/RW 02, Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung.

Sebagai seorang pelaku usaha Dodol Bekasi, Hasan mengaku, keahliannya dalam membuat produk ini diperoleh dari orang tuanya secara turun temurun. Kemudian ia mencoba memulai usahanya sendiri pada tahun 2004 lalu.

“Saya membuat dodol ini sejak tahun 90-an dari warisan kakek, kemudian ke orang tua ibu saya dan sampai saat ini saya pertahankan. Awalnya saya memulai usaha ini kecil-kecilan, hanya memiliki satu kuali namun makin lama kian bertambah,” kata Hasan.

Usaha Dodol Bekasi milik Hasan ini memiliki ciri khas mempertahankan rasa gurih dan legit saat disantap yang tidak kalah nikmat dengan dodol lainnya. Dengan menggunakan tungku kayu bakar diaduk secara manual yang memakan waktu selama 7 hingga 8 jam.

“Bahan untuk membuat dodol ini terdiri dari gula pasir, gula merah, tepung ketan dan garam, karena garam dapat membuat rasa manis yang panjang, dan memasaknya juga pakai kayu bakar agar membawa aroma khas dari kayu itu sendiri,” ujarnya.

Hasan menjelaskan, produk dodol miliknya memiliki tujuh varian rasa, di antaranya dodol klasik original, ketan hitam, dodol kacang wijen, dodol keju, kacang tanah, dodol pandan dan durian, dengan harga yang dibandrol sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu per kilogramnya.

Dirinya mengakui pada saat Bulan Ramadan dan menjelang lebaran, permintaan pasar mengalami peningkatan cukup tajam, yakni hingga 50 persen dibandingkan pada hari biasa. Selain di wilayah Kabupaten Bekasi, produk Dodol Bekasi milik Hasan juga dipasarkan ke wilayah lain di Jabodetabek.

“Di hari biasa sebelum Ramadan, dalam sebulan hanya memproduksi sedikitnya 5 kuali, namun di bulan puasa ini jelang lebaran bisa berjalan sebanyak 10 kuali, dengan target dalam satu bulan Ramadan ini sejumlah 20 ton,” ujarnya.

Usaha Rumah Produksi Dodol Bestar milik Hasan juga mampu memberdayakan masyarakat di lingkungan sekitar, sehingga bisa menghasilkan dan meningkatkan perekonomian warga untuk menekan pengangguran.

“Dampaknya untuk masyarakat sini kita bisa memberdayakan sesuai dengan kemampuannya, yang bisa ngaduk ya ngaduk, kalau ibu untuk pengolahan dan pengadonan, kemudian untuk pengemasan para remaja yang masih sekolah dan yang sudah lulus, mereka bekerja disini alhamdulillah gak ada yang nganggur di kampung ini semua bekerja,” ujarnya.

Hasan berharap, Dodol Bekasi di Kampung Ceger ini dapat terus bertahan dan dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat. Terlebih di Kampung Ceger, ada sekitar 40 lebih pelaku usaha atau pengrajin dodol sehingga bisa mengangkat nama Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung dan umumnya Kabupaten Bekasi. (ist)

Pos terkait