Lomba Kampung Bersih, Strategi Pemkab Bekasi Memasyarakatkan Kebersihan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –   Dalam rangka menyambut Hari JAdi Kabupaten Bekasi ke 72 tahun, Pemerintah Kabupaten Bekasi menggelar Lomba Kampung Bersih Makin Berani.

Lomba yang digelar hingga ke tingkat RW di 23 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Bekasi ini menjadi salah satu strategi Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk memasyarakatkan kebersihan lingkungan, sebab kegiatannya melibatkan langsung masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih.

Bacaan Lainnya

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan permasalahan sampah, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, dalam hal ini Bagian Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup saja, tetapi tanggung jawab semua pihak.

“Dengan diadakannya lomba kebersihan ini, kami berharap jumlah sampah yang diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, bisa dikurangi, dan jumlah sampah yang dibuang ke sungai juga bisa di hilangkan, karena di tingkat RT/RW sudah diolah, melalui proses 3R, yaitu Reuse, Reduce, dan Recycle,” ungkapnya saat memimpin apel kick off Lomba Kampung Bersih Makin Berani di Halaman Kantor Kelurahan Sertajaya Kecamatan Cikarang Timur, Minggu (03/07).

Terkait penilaian lomba, Dani menjelaskan akan dilakukan mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten Bekasi dengan melibatkan sejumlah pihak.

“Dalam lomba ini, semua RW akan kita nilai, termasuk perumahan juga. Untuk penilaiannya terdiri dari empat aspek, yaitu kebersihan, keindahan, ketentraman dan keamanan. Untuk penilaian tingkat desa, kita libatkan Pemdes, Bimaspol, Bhabinsa dan PKK tingkat desa, dan untuk tingkat kecamatan kita libatkan, camat, Kapolsek, Danramil dan PKK tingkat kecamatan,” ujarnya.

Dani menambahkan, Pemkab Bekasi akan terus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan kebersihan lingkungan dan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan.

“Jadi nanti dari sisi regulasi-nya juga akan kita sempurnakan, dan kesadaran masyarakat juga kita tumbuhkan, diantaranya melalui mobilisasi seperti lomba kampung bersih yang sedang kita adakan saat ini,” kata dia. (dim)

Pos terkait