Kreatif! Warga Cibarusah Ciptakan Mesin Pembuat Kancing Bambu

Cingbu alias mesin pembuat kancing berbahan dasar bambu mampu memproduksi kancing bambu sebanyak 840 pcs perjam.
Cingbu alias mesin pembuat kancing berbahan dasar bambu mampu memproduksi kancing bambu sebanyak 840 pcs perjam.

BERITACIKARANG.COM, CIBARUSAH – Warga Kecamatan Cibarusah menciptakan mesin pembuat kancing berbahan dasar bambu. Alat ciptaan tersebut dinamakan mesin Cingbu alias mesin pembuat kancing bambu.

Ketua Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna Cibarusah, Ahmad Djaelani mengatakan gagasan atau inovasi ini lahir lantaran melimpahnya kebun atau pohon bambu di wilayahnya dan belum belum termanfaatkan secara baik untuk kepentingan ekonomi.

Bacaan Lainnya

“Jadi dalam program teknologi tepat guna ini kami memanfaatkan hasil bumi (pohon bambu) yang potensinya sangat besar apabila dapat dimanfaatkan menjadi sebuah produk disamping hasil-hasil kerajinan tangan lainnya,” kata Ahmad Djaelani.

Dengan mesin cingbu, Djaelani mengakui pihaknya mampu memproduksi kancing bambu sebanyak 840 pcs perjamnya. Kancing bambu yang telah diproduksi, dijual dengan harga Rp5 ribu per lusin

“Selain ramah lingkungan, biaya pembuatan alat (mesin cingbu) juga sangat terjangkau dan hemat energi,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi Rahmat Atong menjelaskan mesin pembuat kancing bambu yang diciptakan Posyantek Cibarusah telah berhasil menjuarai Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Bekasi sehingga menjadi perwakilan Kabupaten Bekasi untuk maju dalam perlombaan TTG tingkat Provinsi Jawa Barat 2023.

“Melalui TTG ini kita juga terus mendorong agar muncul kreativitas dan inovasi di setiap desa yang bermanfaat untuk kemajuan desanya serta mampu meningkatkan produktivitas dan perekenomian masyarakat dengan menggali potensi-potensi yang ada di wilayahnya masing-masing,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait