Pemasangan tag atau tanda yang bertuliskan ‘Sedang Isoman (Isolasi Mandiri)’ bagi warga yang terkonfirmasi positifi Covid-19 di lingkungan RW 07 Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat.
Pemasangan tag atau tanda yang bertuliskan ‘Sedang Isoman (Isolasi Mandiri)’ bagi warga yang terkonfirmasi positifi Covid-19 di lingkungan RW 07 Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat.

Ketua RW di Jayamukti Perkuat Kolaborasi Tekan Kasus Covid-19

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Rukun Warga atau RW, kini mempunyai peran penting dalam menangani Covid-19 di wilayahnya masing-masing. RW lah yang berperan memastikan bahwa wilayahnya bebas dari Covid-19. RW juga yang bertugas menangani Covid-19 di wilayahnya.

Supri, misalnya. Selain mengemban tugas sebagai ketua RW 07 Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, pria berambut gondrong yang akrab disapa Mbah Wongso ini juga menjadi pemimpin gugus tugas di lingkungannya.

BACA: Pemkab Bekasi Ajak Kades Bersinergi Hadapi Kenaikan Kasus Covid-19

Supri mengungkapkan, kolaborasi dengan semua unsur dalam menghadapi tantangan pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan. Terlebih, hingga Minggu 20 Juni 2021 pukul 08.45 WIB jumlah warga di lingkungan RW 07 yang terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 110 jiwa dari 53 Kepala Keluarga (KK).

“Karenanya, seluruh Ketua RT, Koordinator/Humas Gang di setiap lingkungan RT serta seluruh masyarakat di lingkungan RW 07 kita ajak untuk dapat turut serta berpartisipasi dalam penanganan dan pencegahan pandemi Covid-19,” kata Supri, Senin (21/06).

Supri menjelaskan pihaknya senantiasa mendata seluruh warga yang terkonfirmasi positif dan melaporkan ke Puskesmas untuk menerima obat-obatan serta melakukan tracing atau melakukan penelusuran terhadap kontak erat warga yang terkonfirmasi positif lalu melaporkannya ke Gugus Tugas Desa dan Kecamatan.

“Kemudian seluruh Ketua RT, Tim Gugus Tugas serta Koordinator Gang  juga kita minta memfasilitasi proses isolasi mandiri bagi warga yang terkonfirmasi positif, termasuk memfasilitasi kebutuhan logistiknya secara bergotong royong dengan warga di lingkungan Gang-nya masing-masing,” tuturnya.

Selain mengimbau warga untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan melakukan penyemprotan disinfektan berkala, untuk menghindari penyebaran Covid-19 lebih masif pihaknya juga akan mengindentifikasi rumah/kediaman warga yang terkonfirmasi positif dengan memasang tag atau tanda yang bertuliskan ‘Sedang Isoman (Isolasi Mandiri)’.

“Semoga dengan kolaborasi yang kuat antara Ketua RT, Tim Gugus Tugas serta Koordinator Gang bersama warga, lingkungan kita bisa segera terbebas dari Covid-19 dan semoga pandemi ini cepat berlalu,” kata dia.

Kepala Desa Jayamukti, Iwan mengapreasisi gerakan yang dilakukan warganya di lingkungan RW 07. Dirinya berharap gerakan serupa juga dilakukan warga di lingkungan lainnya secara bersama-sama. Sebab, penanganan Covid-19 tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh pemerintah desa, namun harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

“Kita berharap dengan adanya kerja sama yang baik dalam penanganan Covid-19 serta disiplin yang tinggi dari seluruh elemen masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, kasus Covid-19 bisa menurun, khususnya di Desa Jayamukti,” tandasnya. (BC)

Baca Juga

Kegiatan penyemprotan disinfektan dan pembagian masker oleh salah satu calon Kepala Desa Jayamukti pada Sabtu 19 September 2020 lalu.

Bukan dengan Kampanye, Calon Kades Jayamukti Diperkenalkan Ke Warga dengan Cara Ini

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Panitia Pemilihan Kepala Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat memperkenalkan para calon …

Calon Kepala Desa Jayamukti, Iwan Gepeng (tengah) saat memimping kegiatan fogging di lingkungan RT 05/07 Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Minggu (30/08).

Cegah DBD, Iwan Gepeng Lakukan Fogging di Wilayah Desa Jayamukti

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Calon Kepala Desa Jayamukti, Iwan Gepeng (IGP) menggelar fogging ke rumah warga di …