Presiden Joko Widodo saat meresmikan perumahan bersubsidi di Perumahan Villa Kencana Cikarang
Presiden Joko Widodo saat meresmikan perumahan bersubsidi di Perumahan Villa Kencana Cikarang

Jokowi  Resmikan Pembangunan Rumah Murah di Villa Kencana Cikarang

BERITACIKARANG.COM, SUKAKARYA  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Perumahan Villa Kencana Cikarang yang berada di Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya, Kamis (04/05) sore. Pembangunan rumah murah ini merupakan bagian dari program sejuta rumah yang dicanangkan oleh pemerintah.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus menyediakan rumah murah di seluruh wilayah Indonesia. “Ini yang ingin kami bangun di mana-mana di seluruh kota di Tanah Air. Karena sudah dianggarkan di APBN kita. Di Sumatera berapa, Bali, NTT, NTB berapa, Sulawesi berapa dan target tercapai seperti yang sudah kita gariskan,” kata Jokowi saat meresmikan rumah tapak Villa Kencana Cikarang, Bekasi, Kamis (4/5).

Menurut Jokowi, penyediaan rumah murah ini merupakan hak dasar masyarakat yang sangat dibutuhkan seiring dengan semakin meningkatkan harga tanah di perkotaan maupun daerah industri.  Rumah yang dibangun ini memiliki tipe 25/60 dengan harga per unit dari Rp. 112 juta hingga Rp. 141 juta. Untuk memiliki rumah MBR ini, masyarakat dikenai uang muka sebesar satu persen atau sekitar Rp. 1.120.000 dengan cicilan per bulan Rp. 800.000.dengan bunga cicilan tetap lima persen hingga 20 tahun.

“Dalam pembangunan ini pemerintah pusat memberikan bantuan uang muka Rp4.000.000 per unit rumah. Dan perumahan ini memang dikhususkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki tempat tinggal,” jelasnya.

Sementara itu Asmat Amin, Direktur Utama PT Sri Pertiwi Sejati (SPS) mengatakan bahwa saat ini pihaknya melalui PT. Budi Langgeng Persada selaku pengembang telah membangun sekitar 4.734 rumah.  “Diatas lahan dengan total luas sekitar 105 hetktare, kita akan membangun sebanyak 8.749 unit rumah,” ucapnya.

Ia menjelaskan selain Villa Kencana Cikarang, SPS Group juga mengembangkan sebuah proyek kawasan hunian terpadu lainnya yakni Grand Cikarang City. Hunian seluas 560 hektare tersebut berada di tengah Kota Cikarang dan diproyeksikan akan menjadi central business district Cikarang. (BC)

Baca Juga

Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan saat melakukan tatap muka dan berdialog kepada jamaah serta menyampaikan jaminan keamanan kepada warga yang merayakan imlek di Vihara Tek Seng Bio, Jum'at (24/01) malam.

Kapolres Jamin Keamanan Imlek di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Jajaran Kepolisian Resor Metro Bekasi menjamin pelaksanaan hari raya Imlek 2571 …

Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, Aria Dwi Nugraha

Ketua Dewan Ingatkan Perusahaan di Kabupaten Bekasi Penuhi Kewajiban Salurkan CSR

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha …