Ilustrasi
Ilustrasi

Gempa M 3,2 Terjadi di Kabupaten Bekasi, Ini Penjelasan BMKG

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 3,2 terjadi di Kabupaten Bekasi, Selasa (10/12) siang sekitar pukul 12.54 WIB. Pusat gempa terletak pada koordinat 6.54 LS – 107.08 BT, 22 km barat daya Kabupaten Bekasi dengan kedalaman 4 kilometer.

BMKG menjelaskan gempa tersebut terjadi di darat dan merupakan gempa dangkal. “Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,” kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho.

Menurut BMKG, gempa itu dirasakan sebagian warga di wilayah Cikarang serta Cibarusah. “Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cikarang dan Cibarusah dengan skala intensitas II-III MMI,” ujarnya.

Skala MMI II berarti getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan untuk skala MMI III, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. “Hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” tuturnya.

BMKG akan terus memantau aktivitas kegempaan ini dan mengimbau kepada warga agar tidak panik serta tetap melanjutkan aktivitas seperti biasa.

Koordinator Unit Reaksi Cepat di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Budi Sutrisno menyebut tak ada laporan kerusakan akibat gempa itu. “Hasil assesment kelokasi gempa tidak ada bangunan rusak ataupun korban jiwa,” ucapnya. (BC)

Baca Juga

Kepala Kepolisian Resor Metro Bekasi, Kombes Hendra Gunawan saat melakukan tatap muka dan berdialog kepada jamaah serta menyampaikan jaminan keamanan kepada warga yang merayakan imlek di Vihara Tek Seng Bio, Jum'at (24/01) malam.

Kapolres Jamin Keamanan Imlek di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Jajaran Kepolisian Resor Metro Bekasi menjamin pelaksanaan hari raya Imlek 2571 …

Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi saat melakukan kunjungan ke BBWS Ciliwung Cisadane kaitan dengan penanganan banjir di wilayah Kabupaten Bekas, Jum'at (24/01).

BBWS Ciliwung Cisadane Siapkan Rp20 Milyar Normalisasi Kali Cilemahabang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Uriyan Riana menyebut Kementrian Pekerjaan …