Dani Ramdan Perkenalkan Tradisi Nyorog Masyarakat Bekasi ke Ekspatriat

Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan turut memperkenalkan tradisi nyorog kepada sejumlah ekspatriat atau warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Kabupaten Bekasi pada acara Lebaran Bekasi 2024 yang digelar di Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jum'at (03/05).
Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan turut memperkenalkan tradisi nyorog kepada sejumlah ekspatriat atau warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Kabupaten Bekasi pada acara Lebaran Bekasi 2024 yang digelar di Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jum'at (03/05).

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  –  Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Budaya Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bekasi kembali menggelar Lebaran Bekasi. Pada penyelenggaran kali ini, Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan turut memperkenalkan tradisi nyorog kepada sejumlah ekspatriat atau warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Kabupaten Bekasi.

BACA: Lebaran Bekasi: Wadah Silaturahmi Masyarakat dalam Keberagaman

Bacaan Lainnya

Dani Ramdan menjelaskan, nyorog merupakan salah satu tradisi yang dilakukan di setiap bulan Ramadhan dan Idulfitri. Tradisi antar-mengantar makanan ke warga sekitar, saudara, hingga kerabat yang dituakan ini menjadi salah satu bentuk rasa persatuan dan kebersamaan yang dianut oleh masyarakat Bekasi.

“Yang utama dari kegiatan ini kita ingin mempertahankan tradisi sorogan atau nyorog dimana setiap Ramadhan, Lebaran atau syawal, antar mayarakat, antar warga itu saling mengirim makanan. Ini penting untuk menumbuhkan atau mempertahankan kebersamaan, gotong royong dan silaturahmi,” kata Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai menghadiri Lebaran Bekasi, Jum’at (03/05).

Selain kepada eskpatriat, tradisi ini juga  turut diperkenalkan kepada kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dari 27 Kabupaten/Kota se-Jabar. Bingkisian Lauk pauk seperti sayur bandeng, gabus pucung, opor ayam, semur jengkol, rendang daging dan lainnya yang dibawa dari 23 Kecamatan se-Kabupaten Bekasi dengan kekhaasan wilayahnya masing-masing itu lantas disantap bersama-sama.

“Karena kebetulan bertepatan dengan penyelanggaraan MTQ Jawa Barat maka kita jadikan kegiatan ini juga sebagai bagian dari kemeneriahan MTQ. Mudah-mudahan tradisi ini bisa dilaksanakan terus,” ungkapnya.

Kepala Dinas Budaya Kepala Dinas Budaya Pemuda Budaya dan Olahraga Kabupaten Bekasi, Iman Nugraha menjelaskan sorogan atau nyorog merupakan bagian dari penyelenggaran Lebaran Bekasi 2024. “Nyorog menjadi tradisi atau budaya masyarakat Bekasi yang kita perkenalkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap lestari,” ungkapnya.

Kedepannya, Iman Nugraha menyebutkan, acara Lebaran Bekasi ini akan digelar setiap tahunnya sebagaimana yang diinstruksikan oleh Pak Pj Bupati Bekasi. Karena melalui kegiatan ini, generasi-generasi yang ada di Kabupaten Bekasi dapat semakin mengenal dan melestarikan budaya khas daerahnya sendiri, selain itu juga membentuk mental untuk saling menghormati terhadap sesama.

“Sesuai arahan pimpinan, lebaran bekasi ini akan kembali digelar di lokasi berbeda tentunya. Dan kami juga akan berkoordinasi mengenai konsep serta lokasi kegiatan ini diselenggarakan. Tentunya menyesuaikan dengan kultur budaya setempat,” kata dia.

Pada kegiatan ini turut ditampilkan sejumlah kesenian tradisional Bekasi seperti atraksi Palang Pintu, Tari Kembang Bekasi, Ujungan dan lainnya. Kemudian Tari Piring Khas Minang dan Tari Teruna Jaya Khas Bali sebagai wujud persatuan dari keberagaman masyarakat Kabupaten Bekasi yang terdiri dari berbagai etnis, suku, ras, dan agama. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait