Covid-19 Melonjak, Pasien Membludak, RS di Kabupaten Bekasi Kekurangan Tenaga Kesehatan

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Melonjaknya jumlah pasien Covid-19 membuat ruang isolasi sejumlah rumah sakit rujukan di Kabupaten Bekasi penuh. Rumah Sakit bertambah kewalahan karena kekurangan tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti mengatakan jumlah tenaga kesehatan yang ada saat ini tidak sebanding dengan jumlah pasien yang ada di rumah sakit

Saat ini 30 pasien Covid-19 ditangani empat orang tenaga kesehatan. Padahal, dalam keadaan normal satu tenaga kesehatan diharuskan merawat tiga pasien saja.

“Ya kita kekurangan nakes, jumlahnya saya engga bisa sebut karena engga pegang data itu angka-angka,” kata dia, Selasa (13/07).

Enny mengungkapkan, saat ini tingkat keterisian tempat tidur pasien Covid-19 telah mencapai 85 persen. Akan tetapi, sudah ada antrean pasien yang menanti untuk mengisi tempat tidur tersebut.

“Kenapa kita katakan BOR RS masih 85 persen bukan 100, karena antrean di bawah itu sudah ada. Mereka input di bawah jam 12 siang terlihat kosong sebetulnya udah ada antrean, kalau jam 12 siang sudah tidak memadai,” ujarnya.

Menurut Sri Enny, kondisi itu dapat diatasi dengan menambah tempat tidur pasien Covid-19. Akan tetapi hal itu terkendala jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Bekasi.

Sehingga saat ini situasinya, banyak dari pasien terlebih dahulu dirawat di area IGD rumah sakit. Nantinya, akan segara bergantian masuk kamar jika ada pasien yang keluar.

“Memang satu-satunya cara menambah tempat tidur. Tapi kalau nambah tempat tidur kita harus tambah SDM. SDM kita nggak ada,” katanya.

Untuk diketahui, berdasarkan data dari laman resmi Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, pikokabsi.bekasikab.go.id Senin (12/07) pukul 11.00 WIB, kasus positif harian Covid-19 di Kabupaten Bekasi kembali bertambah 370 orang. Selain itu 5 orang pasien Covid-19 dilaporkan meninggal dunia.

Kemudian pasien positif yang dirawat di rumah sakit sebanyak 423 orang dan pasien isolasi mandiri sebanyak 1444 orang.

Bertambahnya kasus baru Corona di Kabupaten Bekasi masih dibarengi dengan banyaknya pasien yang sembuh. Di hari yang sama, tercatat tercatat ada 470 warga Kabupaten Bekasi yang sembuh dari Covid-19. (BC)

Baca Juga

Cetak Wirausaha Baru, Upaya Kabupaten Bekasi Pulihkan Ekonomi di Masa Pandemi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN – Pemerintahan Kabupaten Bekasi saat ini tengah fokus melakukan beragam program sebagai …

Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, saat memimpin Rapat Koordinasi Forkopimda dengan Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Bekasi, mengenai pembentukan Komite Kebijakan Covid-19.

Pemkab Bekasi Sinergikan Kesehatan dan Pemulihan Ekonomi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah Kabupaten Bekasi berupaya untuk mensinergikan aspek kesehatan dan pemulihan ekonomi …