‘BAREDA’ Wadah Pemberdayaan Ekonomi Pemuda

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN – Apa yang dilakukan oleh Barisan Relawan Daeng Muhammad (BAREDA) tampaknya pantas mendapat apresiasi. Mereka tidak hanya kumpul-kumpul sambil ngobrol ngalor-ngidul, tapi bergerak mengembangkan berbagai usaha yang dapat menopang ekonomi keluarganya.

Kelompok anak muda yang bermarkas di Desa Bantarjaya Kecamatan Pebayuran ini  merintis berbagai usaha, mulai dari peternakan ayam, domba dan sapi, usaha sablon, jual beli padi, home industri roti dan tahu crispy, menanam sayuran, hingga jual-beli hewan qurban.

Ketua Relawan Bareda, Sadim mengatakan, berbagai usaha yang mereka rintis sejak setahun lalu itu saat ini sudah mulai menghasilkan dan dapat membantu pemberdayaan ekonomi para pemuda di desanya.

“Alhamdulillah semua usaha yang kita jalankan mulai membuahkan hasil, ini juga berkat kerja keras teman-teman di sini, yang merintis usaha mulai dari mengikuti pelatihan, memproduksi hingga memasarkan,” kata Sadim, saat ditemui di rumahnya di Kp Kedung Lotong RT 003 RW 007 Desa Bantarjaya, Kecamatan Pebayuran, Rabu (29/07).

Sadim menuturkan, untuk home industri penjualan roti saat ini penjualannya sudah mencapai 1.000 pcs per hari dengan omset sekitar Rp 60 juta per bulan.

“Kita biasanya memasarkan roti ke warung-warung tidak hanya di Pebayuran tapi juga sampai ke luar kecamatan. Kalau untuk sablon kaos bahkan pemasarannya sampai ke luar jawa,” ujarnya.

Sadim mengungkapkan, saat ini ada sekitar 25 orang pebisnis inti di kelompok Relawan Bareda. Tapi di luar jumlah tersebut banyak juga anak muda di desanya yang dilibatkan sehingga mendapat penghasilan tambahan.

Sementara itu anggota DPR RI Daeng Muhammad sebagai pembina Relawan Bareda saat dimintai tanggapannya mengatakan, dirinya merasa bersyukur karena rintisan bisnis yang dijalankan para relawannya mulai membuahkan hasil.

“Bagi saya, dalam membina anak muda, tidak mengutamakan banyaknya orang. Meskipun jumlahnya sedikit, yang penting memiliki jiwa petarung, termasuk dalam menjalankan usaha, kalau mereka sudah maju, Insya Allah bisa menularkan kepada yang lain dan memberi manfaat kepada masyarakat,” kata dia. (*)

Baca Juga

Anggota DPR RI Daeng Muhammad saat mengecek kualitas beras yang akan didistribusikan kepada warga terdampak COVID-19 di Kabupaten Bekasi.

Daeng Muhammad Distribusikan 8 Ton Beras untuk Warga Terdampak COVID-19

BERITACIKARANG.COM, PEBAYURAN – Anggota DPR RI Daeng Muhammad mendistribusikan 8 ton beras untuk masyarakat terdampak …

Anggota DPR RI dari Fraksi PAN Daeng Muhammad

Daeng Muhammad Ajak Seluruh Komponen Bangsa Gotong Royong Perangi COVID-19

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG TIMUR – Anggota DPR RI Daeng Muhammad mengajak semua komponen bangsa untuk bahu-membahu …