Anggur Khas Kabupaten Bekasi Mulai Dikembangkan: Lebih Besar dan Lebih Manis

Anggur varietas terbaru yang bakal menjadi ciri khas Kabupaten Bekasi ini tengah di kembangkan di White Garden Grape di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.
Anggur varietas terbaru yang bakal menjadi ciri khas Kabupaten Bekasi ini tengah di kembangkan di White Garden Grape di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.

BERITACIKARANG.COM, CIBITUNG – Petani anggur di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung mulai mengembangkan anggur varietas terbaru yang bakal menjadi ciri khas Kabupaten Bekasi.

Robi Murdani, petani anggur yang tengah mengembangkan varietas terbaru ini mengatakan pengembangan anggur khas Kabupaten Bekasi masih dalam proses.

Bacaan Lainnya

Pengembangan membutuhkan konsitensi lantaran akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

“Pengembangan bisa sampai tiga tahun, makanya perlu konsistensi. Sejauh ini sudah berjalan 20 sampai 30 persen dan prosesnya positif,” ucap Robi, Rabu (18/01).

Varietas anggur ini, sambungnya, diproyeksikan akan memiliki ukuran buah yang lebih besar dan rasa yang lebih manis.

“Intinya anggur ini nantinya akan memiliki ukuran yang lebih besar dan rasa yang lebih manis,” kata dia.

Dia berharap, pengembangan varietas ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah agar hasilnya dapat diproduksi lebih luas dengan melibatkan seluruh petani.

“Jika ada dukungan tentu nanti bibitnya bisa disebarkan ke para petani untuk diproduksi. Sehingga nantinya ada anggur Kabupaten Bekasi dan bisa diproduksi secara massal,” ucap dia.

Sebelumnya,  Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan  mengajak masyarakat untuk mengembangkan budi daya tanaman anggur serta menciptakan varietas anggur lokal.

Selain bisa tumbuh subur di Kabupaten Bekasi, tanaman buah anggur juga memiliki nilai ekonomis yang sangat baik sehingga bisa menguntungkan petani.

Hal itu disampaikan Dani usai mengunjungi kebun anggur organic White Garden Grape yang terletak di Kelurahan Wanasari, Kecamatan Cibitung.

“Selama ini setahu saya belum ada kebun anggur berskala ekonomis yang bisa jadi komoditas unggulan, kalau saya liat disini potensinya sangat bisa,” katanya.

Keberadaan kebun anggur ini, sambung Dani, diharapkan bisa menjadi sumber edukasi bagi masyarakat dan mampu menciptakan petani anggur modern lainnya di Kabupaten Bekasi.

Pihaknya juga mendorong agar para petani mampu membuat varietas anggur lokal agar bisa menjadi ciri khas anggur dari Kabupaten Bekasi.

“Kebun anggur  ini bisa menciptakan petani anggur yang hebat, menjadi sumber ilmu. Saya juga memberi tantangan agar petani membuat varietas anggur lokal biar nanti hanya ada di Kabupaten Bekasi.” ucapnya.

Dirinya juga mengarahkan kepada para petani anggur agar bisa ikut terlibat aktif pada beberapa event, dengan tujuan untuk semakin memperkenalkan produk-produk khas Kabupaten Bekasi. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait