Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Fraksi Gerindra, Anden saat melakukan reses di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (07/04).
Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Fraksi Gerindra, Anden saat melakukan reses di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (07/04).

Anden ‘Kebanjiran’ Aspirasi Warga

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Anggota DPRD Kabupaten Bekasi, Anden banjir aspirasi dari masyarakat saat melakukan reses di Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Rabu (07/04).

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, kegiatan reses merupakan salah satu bentuk pelaksanaan fungsi DPRD dalam menjaring aspirasi masyarakat terkait program pembangunan daerah di Kabupaten Bekasi.

“Dalam reses tadi, banyak usulan yang disampaikan oleh masyarakat kepada saya dengan harapan usulan tersebut dapat terealisasi,” kata Anden.

Menurutnya, persoalan infrastruktur masih menjadi usulan yang paling banyak disampaikan masyarakat. Salah satunya, perbaikan ruas Jalan Tegal Danas – Kandang Gereng yang dinilai cukup vital.

“Jalan itu merupakan jalan vital menuju ke pemda, ibaratnya itu seperti mukanya pemerintah, harusnya itu menjadi prioritas untuk diperbaiki dan dipercantik. Jadi, saya rasa Pemkab Bekasi harus memprioritaskan itu,” kata dia.

Selain itu, penataan destinasi wisata Situ Rawa Binong juga menjadi usulan yang disampaikan masyarakat kepadanya. “Termasuk pembangunan air mancur di Situ Binong yang sampai saat ini belum juga terealisasi,” tuturnya.

Tak hanya pembangunan fisik, Anden mengatakan masyarakat juga mengusulkan adanya pembangunan yang berkaitan dengan pembinaan masyarakat melalui pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK).

Hal ini bertujuan guna meningkatkan kompetensi dan daya saing masyarakat, khususnya keterampilan yang sesuai dengan dunia industri.

“Mereka minta agar pemerintah daerah segera memaksimalkan BLK yang sudah ada, terutama alat atau pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha yang ada di kabupaten Bekasi. Sehingga selesai lulus, siswa berlatih di BLK, dan mereka siap ditempatkan di dunia usaha sesuai dengan keahliannya,” kata dia.

Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo mengatakan usulan-usulan yang disampaikan masyarakat tidak jauh berbeda dengan hasil Musrenbang Desa. Besar harapan usulan-usulan tersebut dapat segera terealiasi.

“Setiap tahun usulan pembangunan jalan, drainase, PJU, termasuk penataan Situ Rawa Binong hingga BLK selalu kita usulkan. Mudah-mudahan usulan-usulan tersebut bisa segera terealisasi dalam waktu dekat,” kata dia. (BC)