657 Balita di Kabupaten Bekasi Terpapar Covid-19, Orang Tua Diminta Waspada

Ilustrasi
Ilustrasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Para orangtua diminta untuk mewaspadai penyebaran Covid-19 terhadap anak-anak.

Berdasarkan data grafis dari https://pikokabsi.bekasikab.go.id/ pada Rabu (23/06) tercatat sebanyak 657 balita atau anak-anak usia dibawah lima tahun terpapar corona.

Penularan corona terhadap anak mengalami peningkatan dalam satu bulan terakhir, bersamaan dengan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah menilai, ratusan balita yang terpapar Covid-19 ini karena tertular dari salah satu anggota keluarganya.

“Klaster keluarga ini anak-anak otomatis kontak erat dengan keluarganya,” kata Alamsyah.

Untuk penanganan sama dengan lansia. Anak-anak di isolasi bersama keluarganya. Seperti yang terjadi di beberapa kasus, bapak, ibu, dengan anak-anaknya yang berjumlah dua hingga tiga orang di isolasi secara bersama-sama.

Kemudian, dalam penanganan anak-anak yang menjalani isolasi perlu penanganan yang lebih spesifik, baik itu di tempat isolasi maupun di rumah sakit.

“Di tempat isolasi itu mereka (anak-anak) difollow up oleh medis lebih ketat. Kenapa, karena perilaku anak-anak ini, terkait apa-apa yang tidak boleh pada saat menjalani isolasi. Itu yang perlu pendampingan,” jelasnya.

Alamsyah terus mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan 5M, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Para orangtua juga diminta untuk tidak membawa anak-anak keluar rumah jika tidak sangat penting. Sebab, anak-anak rentan terpapar corona apalagi semenjak munculnya virus varian Delta atau B.1.617.2 yang dinilai lebih menyerang ke anak-anak dan remaja

“Jadi tolong orangtua yang bekerja harus terapkan prokes, langsung mandi dan bersihkan diri jangan interaksi dahulu dengan keluarga. Dan diminta untuk tetap di rumah, jangan ajak anak-anak keluar rumah,” tandasnya.

Dilansir dari https://pikokabsi.bekasikab.go.id/ pada Rabu (23/6/2021), penambahan kasus Covid-19 sebanyak 176 sehingga total kasus sebanyak 30124. Sedangkan pasien sembuh bertambah 215, total menjadi 2709.

Untuk meninggal tidak ada penambahan masih 304 orang, total kasus aktif 469 dirawat di rumah sakit dan 1442 orang isolasi mandiri. (BC)

Pos terkait