1554 Hektar Sawah Terendam Banjir, Dinas Pertanian Siap Bantu Petani yang Merugi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Pertanian akan berikan bantuan berupa bibit benih bagi kelompok tani yang mengalami kebanjiran lahan sawahnya dan sebabkan gagal panen. Demikian sampaikan Kepala Dinas Pertanian, Abdul Karim.

“Jumlah sawah yang alami kebanjiran seluas 1554 Ha yang tersebar di 10 kecamatan diantaranya Sukakarya, Sukatani, Cabangbungin, Tambun Utara, Karang Bahagia, Cikarang Barat dan Pebayuran,” kata Abdul Karim.

Bacaan Lainnya

Data tersebut, sambungnya, merupakan update terkini berdasarkan laporan dari 10 kecamatan yang wilayahnya kebanjiran. Adapun untuk kerugian akhibat  dampak gagal panen dari banjir, sampai sekarang belum ada laporannya, karena hujan yang turun airnya mulai cepat surut tidak terlalu lama.

Kerugian tanam akhibat hujan yang turun berturut turut membuat sawah banjir sehingga menyebabkan benih cepat menjadi busuk baru bisa dimasukan dalam kategori gagal panen. “Kalau hujan lalu langsung surut dipastikan tidak akan bikin tanaman yang rata-rata masih berusia muda langsung gagal panen,” ucapnya.

Dinas Pertanian, tambah Karim tetap akan memantau terus perkembangan di 10 kecamatan yang alami banjir. Pemberian bantuan bibit benih kepada kelompok tani dari dinas setiap tahunnya selalu ada dari Pemerintah Kabupaten Bekasi baik yang berasal dari Pemerintah Pusat maupun Provinsi. (BC)

Pos terkait