Pengerukan sampah di aliran Kali Jambe oleh petugas dengan bantuan alat berat, Selasa (17/08).
Pengerukan sampah di aliran Kali Jambe oleh petugas dengan bantuan alat berat, Selasa (17/08).

150 Ton Sampah Kembali Diangkut dari Kali Jambe

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali melakukan pengakutan sampah dari Kali Jambe. Sedikitnya 150 ton sampah diangkut petugas kebersihan dari aliran Kali Jambe ke TPA Burangkeng.

Kepala Bidang Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid menjelaskan, Kali Jambe merupakan salah satu sungai di Kabupaten Bekasi yang kebersihannya perlu dijaga oleh semuanya. Akibat penumpakan sampah, aliran Kali Jambe kerap meluap bahkan merendam pemukiman warga di empat Kecamatan.

BACA: Pahlawan Kebersihan Kibarkan Merah Putih di Lautan Sampah Kali Jambe

“Jadi hari ini kita keruk sampah-sampah yang ada di Kali Jambe. Total beratnya kurang lebih 150 ton,” kata Hamid, Selasa (17/08).

Dijelaskan Hamid, pengerukan sudah berlangsung dari Sabtu 14 Agustus 2021. Sedikitnya 30 petugas kebersihan dikerahkan untuk membersihkan aliran sampah di Kali Jambe dengan bantuan dua alat berat dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung – Cisadane. Selanjutnya, sampah-sampah itu diangkut oleh 30 mobil truk ke TPA Burangkeng.

“Sampah-sampah langsung dibawa ke TPA Burangkeng. Dua alat berat jenis Fork Arm dan Amfibi ikut membantu mengeruk sampah,” kata dia.

Sebelumnya, Kali Jambe di Kelurahan Jatimulya, Kecamatan Tambun Selatan kembali dipenuhi sampah. Tumpukan sampah yang memenuhi kali berupa sampah plastik, kain, kayu, dahan pohon, dan sampah rumah tangga lainnya. Sampah yang menumpuk itu membentuk daratan di tengah-tengah kali. Selain sampah yang menggunung, air kali terlihat menghitam dan berbau

Berdasarkan catatan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, selama satu tahun terakhir sampah sudah berulang kali mengendap di aliran kali tersebut. Selain itu, dalam kurun waktu yang sama Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah delapan kali melakukan pengerukan dan pembersihan sampah di lokasi yang sama. (BC)

Baca Juga

Sepekan Gerakan Bekasi Bebas Banjir, Kali Jambe Bersih dari Sampah

BERITACIKARANG.COM, TAMBUN SELATAN  – Upaya Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan gerakan kebersihan secara masif pekan gotong …

Penanganan ‘Sungai Sampah’ di Kabupaten Bekasi Harus Komprehensif

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Pemerintah harus lebih serius menangani persoalan sampah yang menumpuk di sejumlah …