1.763 TPS di Kabupaten Bekasi Rawan!

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bekasi mencatat dari 7.951 Tempat Pemungutan Suara (TPS), sebanyak 1.763 TPS masuk dalam kategori rawan. Ke 1.763 TPS tersebut tersebar di 23 Kecamatan se Kabupaten Bekasi.

Kooordinator Pengawasan Divisi Humas dan Hubal Bawaslu Kabupaten Bekasi, Akbar Khadafi mengatakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara yang dilakukan pada tanggal 17 April 2019 merupakan tahapan utama sekaligus menjadi tahapan paling rentan terjadi pelanggaran dan kecurangan yang berpengaruh terhadap hasil pilihan pemilih.

“Oleh karenanya, selain pelaksanaan tata laksana Pemillu dan standar pengawasan yang telah dilaksanakan, diperlukan pemetaan TPS rawan sebagai upaya terakhir dalam mencegah terjadi pelanggaran,” kata Akbar Khadafi, Selasa (16/04).

Akbar mengatakan 1.763 TPS tersebut dianggap rawan karena ada 10 indikator yang mendasarinya, yakni karena terdapat Daftar Pemilih khusus (DPK); terdapat Daftar Pemilih Tambahan (DPTb); berdekatan dengan lembaga pendidikan seperti pesantren dan asrama; terdapat praktik permberian uang atau barang pada masa kampanye; berada di dekat posko/rumah tim kampanye peserta Pemilu; berdekatan dengan rumah sakit; berdekatan dengan perguruan tinggi; terdapat praktik menghina/menghasut pemilih terkait isu agama, suku, ras dan golongan; petugas KPPS berkampanye untuk peserta Pemilu; serta terdapat logistik/perlengkapan pemungutan suara yang mengalami kerusakan.

Baca Juga

Salah seorang warga Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat saat mengisi data Sensus Penduduk Tahun 2020 secara online, Minggu (16/02).

Sensus Penduduk Online di Kabupaten Bekasi Diperpanjang

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Badan Pusat Statistik (BPS) memperpanjang masa pengisian Sensus Penduduk Online hingga …

Solat Jum'at di Masjid Agus Nurul Ikhlas Komplek Perkantoran Pemkab Bekasi pada tanggal 20 Maret 2020 lalu | Foto: Humas Pemkab Bekasi

MUI Kabupaten Bekasi Serukan Shalat Jumat Sementara Diganti Dzuhur

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Mencermati perkembangan wabah Corona Virus Disease (COVID-19) yang menunjukkan tren kenaikan, …