Warga menyiram dan menabur bunga di atas makam keluarganya saat berziarah di TPU Kp. Pasirkonci, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Senin (02/05)
Warga menyiram dan menabur bunga di atas makam keluarganya saat berziarah di TPU Kp. Pasirkonci, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Senin (02/05)

Tradisi Ziarah Kubur Warnai Idul Fitri di Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG SELATAN  –  Tradisi ziarah kubur mewarnai aktivitas masyarakat pada perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah di Kabupaten Bekasi.

Pantauan di TPU Ki Buku di Kp. Pasirkonci, Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, peziarah tampak mengunjungi pemakaman tersebut sejak pagi selepas Salat Idul Fitri hingga siang hari.

Salah satu peziarah, Asnah (48) warga setempat mengatakan setiap momen Idul Fitri dirinya bersama keluarga selalu melakukan aktivitas ziarah kubur untuk mendoakan sanak keluarga dan kerabat yang wafat.

“Jadi udah tradisi ya, setiap Idul Fitri pasti ziarah. Kebetulan orang tua dan suami saya dimakamkan disini, jadi ya sudah sering datang kesini,” kata dia, Senin (02/05).

Pemandangan serupa juga terlihat di TPU Kp. Warungdoyong, Desa Sukabungan, Kecamatan Bojongmangu. Pasca pelaksanaan sholat Idul Fitri, secara berangsur pemakaman itu mulai dipadati peziarah.

“Setiap hari raya Idul Fitri kami biasa ziarah ke kubur ini, tidak hanya di hari raya saja namun sebelum memasuki Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Adha kita juga ziarah. Kebetulan ini makam orang tua saya,” kata Opih Supriatna, warga setempat.

Tidak banyak ritual yang dilakukan saat berziarah, saat dipemakaman peziarah memanjatkan doa untuk yang sudah meninggal, membaca Surat Yasin serta Tahlil serta membersihkan pemakaman kerabat dan sanak saudara jika terlihat kotor atau banyak semak. (dim)

Baca Juga

Masuki Musim Mudik, Rombongan Bajaj Lintasi Jalur Pantura Kabupaten Bekasi

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Memasuki musim mudik lebaran masyarakat berbondong-bondong melakukan perjalanan mudik. Bukan hanya …

Ilustrasi

Sepanjang 2021, Dinsos Kabupaten Bekasi Dampingi 150 Anak Berhadapan Hukum

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT – Sepanjang tahun 2021 Dinas Sosial Kabupaten Bekasi mendampingi 150 Anak Berhadapan …