Sambut Ramadhan, Masyarakat di Cikarang Ramai-ramai Pawai Obor

Pawai obor menyambut Ramadhan di Desa Karang Baru, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Sabtu (09/03) malam.
Pawai obor menyambut Ramadhan di Desa Karang Baru, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Sabtu (09/03) malam.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  –  Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, umat muslim Cikarang, Kabupaten Bekasi menggelar pawai obor, Sabtu (09/03) malam.

Salah satunya, terlihat di Desa Karang Baru, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Ratusan orang melakukan long march Jalan R.E Martadinata dalam gelaran pawai obor tersebut.

Bacaan Lainnya

BACA: Pawai Obor Sambut Ramadhan di Cikarang, Ada Pocong, Tuyul Hingga Grandong

Para peserta baik anak-anak maupun dewasa tampak menunjukkan rasa semangatnya. Mereka menyebutkan hal ini sebagai bentuk rasa bahagia menyambut Ramadan.

“Tiap tahun pasti ikut (pawai obor). Ini menjadi salah bentuk ungkapan kebahagiaan di tahun ini masih dipertemukan dengan Ramadhan,” kata salah seorang peserta pawai, Imran.

Sementara itu, Koordinator Pawai Obor, Ust. Erdi mengungkapkan pawai obor ini merupakan tradisi di setiap tahunnya dalam rangka menyambut Ramadhan.

“Ini agenda pawai obor kita adalah agenda kolosal tahunan umat Islam dalam menyambut bulan suci Ramadan. Kegiatan ini sebagai bentuk rasa bahagia menyambut Ramadan. Itu motivasi kita dalam melaksanakan pawai obor ini,” kata Erdi.

Kemeriahaan menyambut datangnya bulan suci Ramadahan juga terlihat di wilayah Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikarang Timur Kabupaten Bekasi.

Ratusan masyarakat yang terdiri dari keluarga besar Majlis Taklim Al Ikhsan beserta Karang Taruna dan warga setempat   juga melakukan pawai obor dengan antusias dan tertib.

Ketua Karang Taruna Desa Hegarmanah, Nursidi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pawai obor yang digagas Majlis Taklim Al Ikhsan.

Menurutnya, pawai obor merupakan budaya meramaikan datangnya tahun baru islam dan saling bersilaturahmi dengan warga yang lain.

“Semoga kita semua, khususnya warga Desa Hegarmanah, Kecamatan Cikarang Timur diberikan kesehatan dan umur yang panjang oleh Allah SWT, sehingga kita dapat menjalankan kewajiban kita di bulan Ramadhan 1445 Hijriah yang sebentar lagi datang,” ungkapnya.

Pawai Obor Elektrik

Sementara itu di Perumahan Cikarang Baru, Desa Jayamukti, Kecamatan Cikarang Pusat, ratusan warga menggelar pawai tarhib Ramadhan dengan obor elektrik. Kegiatan yang mayoritas diikuti ibu-ibu majelis taklim dan santri TPA berlangsung dengan meriah dan khidmat. Di mana saat pawai adanya arak-arakan bedug sambil membacakan salawat nabi. 

“Meski kita masih belum tau hari apa pastinya 1 Ramadhan, tetapi semarak menyambut kedatangan bulan puasa harus disambut dengan semangat,” kata Tutiek Amalia perwakilan peserta dari Majelis Taklim DKM As-Syifa.

Dia pun berharap kegiatan pawai obor elektrik ini dapat memacu dan meningkatkan keimanan masyarakat khususnya kaum Muslim di daerahnya dalam menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan.

Sementara itu Suryani salah seorang warga mendukung kegiatan yang rutin dilakukan di lingkungan perumahan tempatnya tinggal dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

“Tentunya ini sangat positif bagi kita, terutama anak-anak untuk bagaimana memberi pemahaman bahwa bulan suci Ramadhan harus disambut dengan semangat dan bahagia,” kata dia. (dim)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait