RSPA 2019, Simpang SGC Ditetapkan Jadi Kawasan Tertib Berlalu Lintas

Simpang SGC
Simpang SGC

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG UTARA  – Simpang SGC atau tepatnya di sepanjang Jl. RE Martadinata, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara bakal segera ditetapkan menjadi kawasan tertib berlalu lintas dan menjadi titik penilaian lomba Road Safety Partnership Action (RSPA) tahun 2019.

“Tujuannya supaya bisa lebih tertib dan rapi, sekaligus untuk meningkatkan keselamatan berlalulintas bagi para pengendara,”kata Wakasatlantas Polres Metro Bekasi, Kompol Sri Supadmi usai menghadiri rapat koordinasi Forum Komunikasi Lalu Lintas Kabupaten Bekasi yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor Pemasaran SGC, Jum’at (26/07) pagi.

Bacaan Lainnya
Rapat koordinasi Forum Komunikasi Lalu Lintas Kabupaten Bekasi yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor Pemasaran SGC, Jum’at (26/07) pagi.
Rapat koordinasi Forum Komunikasi Lalu Lintas Kabupaten Bekasi yang diselenggarakan di ruang rapat Kantor Pemasaran SGC, Jum’at (26/07) pagi.

Penunjukan simpang SGC sebagai menjadi kawasan tertib berlalu lintas, merupakan kesepakatan bersama seluruh stakeholder yang tergabung dalam forum tersebut. “Apalagi, Bupati juga menginginkan agar Simpang SGC ini tertib, indah dan rapih sehingga kedepannya tidak menutup kemungkinan dapat menjadi salah satu icon Kabupaten Bekasi,” kata dia.

Menurutnya, dalam lomba RSPA, terdapat lima aspek penilaian yang harus terpenuhi yakni Manajemen Keselamatan Berlalulintas (road safety management), Jalan yang Berkeselamatan (Safer Road), Kendaraan yang Berkeselamatan (Safer Vehicle),   Pengguna Lalu Lintas yang Berkeselamatan (Safer People) dan Penanganan Pascakecelakaan lalu lintas (Post Crash).  “Oleh karenanya perlu dilakukan penertiban serta disiapkan sarana dan prasarananya juga,” tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna mengatakan pihaknya siap mensuport penetapan simpang SGC sebagai kawasan tertib berlalulintas dengan menyiapkan rambu-rambu atau marka jalan yang dibutuhkan.

“Sesuai keinginan Bupati, simpang SGC ini memang harus menjadi icon dari Kabupaten Bekasi oleh karenanya diharapkan dengan adanya program ini dapat menyelesaiakan masalah keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas khususnya di jalan di depan SGC,” ungkapnya

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Kabag Ops Polres Metro Bekasi, Camat Cikarang Utara, Kepala UPTD Pasar Cikarang, Kepala UPTD Terminal Cikarang, perwakilan Satpol PP, Bidang Kebersihan di Dinas Lingkunan Hidup, Organda, Jasa Marga, Jasa Raharja serta perwakilan dari sejumlah pengelola Kawasan Industri yang ada di Kabupaten Bekasi. (BC)

Pos terkait