Petani Bojongmangu Manfaatkan Tanam Kacang Hijau di Musim Kemarau

BERITACIKARANG.COM, BOJONGMANGU  – Menghadapi musim kemarau, para petani di Desa Karangmulya, Kecamatan Bojongmangu mulai mengembangkan tanaman kacang hijau.

Ahmad Dahlari seorang petani, mengatakan selama musim kemarau, petani akan sulit mendaptkan air, karena itu kacang hijau menjadi pilihan lantaran tidak membutuhkan air yang banyak.

“Untuk pengolahan tanaman kacang hijau tidak sulit karena kacang hijau memiliki beberapa kelebihan dibandingkan tanaman pangan lainnya,” kata Ahmad Dahlari, Rabu (16/06).

Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Lestari mengatakan tanaman kacang hijau menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan tambahan sumber daya pangan sambil menunggu musim tanam padi tiba.

“Jadi intinya kegiatan ini adalah pemanfaatan lahan pertanian yang ada di Bojongmangu. Sebab jika musim kemarau tiba, padi tidak bisa ditanam, oleh sebab itu solusinya adalah penanaman palawija untuk menambah produktivitas petani,” kata Eem.

Selain memberikan benih kacang hijau, Dinas Pertanian juga akan terus memantau perkembangan dari pertumbuhan tanaman kacang hijau serta mensuport pendistribusian pupuk, pestisida hingga membantu pemasaran.

“Kita akan support melalui distribusi pupuk dan pestisida. Selain itu, Dinas Pertanian akan membantu dalam hal pemasarannya. Kita lihat nanti setelah 2 bulan dimana kacang hijau memasuki masa panen, semoga hasilnya maksimal dan petani menjadi lebih makmur,” kata dia. (BC)

Baca Juga

Posyandu Bojongmangu Jadi Posyandu Terbaik Ketiga di Jabar

BERITACIKARANG.COM, BOJONGMANGU  – Posyandu Harapan Jaya III, Desa Bojongmangu, Kecamatan Bojongmangu keluar sebagai Juara III …

Pemkab Bekasi Latih Pengrajin Membuat Sepeda dari Bambu

BERITACIKARANG.COM, BOJONGMANGU – Pemerintah Kabupaten Bekasi, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) bekerjasama dengan …