Pembangunan Jembatan Bojongmangu-Karawang Buka Akses Ekonomi Masyarakat

Lokasi pembangunan jembatan penghubung antara Kecamatan Bojongmangu - Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang
Lokasi pembangunan jembatan penghubung antara Kecamatan Bojongmangu - Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang yang akan melintasi Kali Cibeet.

BERITACIKARANG.COM, BOJONGMANGU  – Camat Bojongmangu, Agung Suganda meyakini dibangunnya jembatan Bojongmangu-Karawang akan memberikan dampak positif. Terutama dalam membuka akses ekonomi masyarakat.

“Dibangunnya jembatan ini sangat bagus untuk perkembangan ekonomi masyarakat. Mudah-mudahan jembatan ini menjadi kebanggaan masyarakat Bojongmangu,” kata Agung, Jum’at (08/01).

Bacaan Lainnya

Ia menyebutkan, sebagai jalur transportasi di wilayah selatan Kabupaten Bekasi, jembatan yang akan melintasi Sungai Cibeet ini akan mempermudah dan mempercepat mobilitas warga.

“Jadi orang mau ke Karawang atau ke Loji atau ke Jonggol tidak harus lewat Kaligandu,” ujarnya.

Agung menambahkan, pada awalnya rencana pembangunan jembatan Bojongmangu-Karawang akan dikerjakan pada tahun 2020 lalu. Namun karena ada kebijakan refocusing akibat pandemic Covid-19, pembangunan terpaksa ditunda.

“Alhamdulillah kita bersyukur masuk lagi di tahun anggaran 2021. Sekarang tinggal start nya, tinggal ditindaklanjuti saja. Termasuk pembebasan lahan juga mudah-mudahan tidak ada kendala,” kata dia.

Proyek jembatan Bojongmangu-Karawang dibangun dengan anggaran sekitar Rp 30 miliar yang berasal dari anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) Pemprov Jawa Barat tahun 2021 yang diharapkan dapat menggerakkan perekonomian warga di masa Covid-19.

Apabila telah terwujud, Jembatan Bojongmangu akan menjadi  jembatan keempat penghubung utama wilayah Karawang-Bekasi. Tiga jembatan lainnya yang sudah ada yakni Jembatan Cabangbungin-Batujaya, Jembatan Pebayuran-Rengasdengklok dan Jembatan Bojong-Tanjungpura. (BC)

Pos terkait