Kendala Teknis Warnai Pembukaan PPDB Online SMP di Kabupaten Bekasi

Proses pelaksanaan PPDB Online tingkat SMP di Kabupaten Bekasi sendiri terintegrasi dengan aplikasi Bekasi Nyambung Bae atau ‘Bebunge’ yang dapat diunduh di IOS maupun Android.
Proses pelaksanaan PPDB Online tingkat SMP di Kabupaten Bekasi sendiri terintegrasi dengan aplikasi Bekasi Nyambung Bae atau ‘Bebunge’ yang dapat diunduh di IOS maupun Android.

BERITACIKARANG.COM, CIKARANG PUSAT  – Hari pertama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat SMP Tahun Ajaran 2024/2025 di Kabupaten Bekasi sempat mengalami gangguan.

Hal ini membuat sejumlah orangtua calon peserta didik baru (CPDB) yang akan mendaftarkan anaknya ke SMP di Kabupaten Bekasi melalui jalur zonasi tidak bisa mengakses layanan PPDB yang tersedia pada aplikasi Bebunge.

Bacaan Lainnya

BACA: Pemkab Bekasi Antisipasi Server Error saat PPDB Online, Dani Ramdan Minta Orang Tua Murid Tak Panik

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi di Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statitik Kabupaten Bekasi, Bahrul Ulum menjelaskan layanan PPDB pada aplikasi Bebunge sempat tidak bisa diakses karena membludaknya orang tua CPDB yang mendaftarkan anaknya.

“Server sempat down di jam 14.00 – 15.00 WIB mengingat begitu membludaknya pendaftaran namun segera diambil tindakan. Artinya meskipun sempat ada kendala tetapi alhamdulillahnya masih banyak yang bisa masuk (terlayani),” kata dia, Rabu (12/06).

Dia menuturkan di hari pertama PPDB online ini terdapat 15.420 orangtua CPDB yang berhasil mendaftarkan anaknya. Jumlahnya sama dengan 40 persen dari total lulusan SD/MI di Kabupaten Bekasi tahun ini.

“Kalau pagi aman (lancar), tetapi setelah makan siang mulai terasa. Mungkin karena yang masuk database sudah banyak ditambah pendaftar baru ya, mungkin itu yang membuat sistem sempat mengalami crash,” ungkapnya.

Pihaknya, mengaku akan terus memantau kelancaran layanan PPDB pada aplikasi Bebunge agar tak lagi menimbulkan permasalahan. “Tentu ini menjadi evaluasi tetapi insya allah besok akan lebih baik,”  kata dia.

Salah satu orangtua CPDB,  Subhan Arrasyid mengaku sempat mengalami kendala untuk mendaftarkan anaknya melalui layanan PPDB online di aplikasi Bebunge. “Udah 5 kali ganti hp dikira hp dan jaringan internet saya error. Ternyata masih nggak bisa, asal cek NISN di klik, langsung gak bisa klik lokasi. Tetapi pas nggak lama dicoba lagi alhamdulillah bisa,” kata dia.

Untuk diketahui PPBD online tingkat SMP Tahun Ajaran 2024-2025 di Kabupaten Bekasi telah dimulai. Jalur zonasi 12 – 14 Juni 2024, Jalur Afirmasi 19 – 20 Juni 2024,  Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (PTOT) 24 – 25 Juni 2024, Jalur Prestasi 28 – 29 Juni 2024 dan Jalur Penyaluran Sisa Kuota 05 – 06 Juli 2024.

Proses pelaksanaan PPDB Online tingkat SMP di Kabupaten Bekasi sendiri dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB setiap harinya dan terintegrasi dengan aplikasi Bekasi Nyambung Bae atau ‘Bebunge’ yang dapat diunduh di IOS maupun Android. (DIM)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Pos terkait